Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menghindari Penipuan di Tokopedia

Kita tidak mau tertipu ketika berbelanja online, bukan begitu? Namun, kadang kita masih bingung bagaimana agar tidak tertipu ketika berbelanja online. Khusus bagi anda yang sering menggunakan aplikasi belanja Tokopedia, saya akan jelaskan beberapa hal yang bisa anda jadikan penilaian agar anda dapat menghindari penipuan selama berbelanja di Tokopedia. Sebelum anda mulai berbelanja, pastikan anda perhatikan beberapa faktor berikut ini.

1. Status Gold Merchant

Status Gold Merchant di Tokopedia
Status Gold Merchant di Tokopedia
Status Gold Merchant adalah pelayanan berbayar yang disediakan oleh pihak Tokopedia bagi seller yang  mau mencoba fitur ekslusif dari Tokopedia. Sederhananya, apabila seller mempunyai status gold merchant, besar kemungkinan bahwa seller tersebut bisa dipercaya. Hal tersebut karena biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan status gold merchant tersebut tidaklah sedikit.

2. Ulasan Produk

Ulasan Produk di Tokopedia
Ulasan Produk di Tokopedia
Ulasan terhadap suatu produk juga perlu anda jadikan bahan pertimbangan. Anda bisa menilai kualitas produk di toko tersebut sekaligus kredibilitas dari toko tersebut dari ulasan-ulasan yang diberikan oleh pelanggan dari toko tersebut. Apabila rata-rata dari ulasan tersebut positif, bisa anda ambil kesimpulan bahwa produk yang dijual di toko tersebut berkualitas.

3. Reputasi Toko

Reputasi 
Reputasi toko adalah fitur unik yang dimiliki Tokopedia dimana pelanggan dapat memberikan poin yang digunakan untuk menunjukkan reputasi dari toko tersebut. Semakin besar poin reputasi toko tersebut, maka semakin bisa dipercaya toko tersebut.

4. Jumlah Ulasan

Ulasan Toko di Tokopedia
Ulasan Toko di Tokopedia
Jumlah ulasan di toko tersebut juga bisa di jadikan bahan pertimbangan. Apabila suatu toko diulas banyak orang, itu pertanda bahwa banyak transaksi terjadi di toko tersebut. Terlebih, apabila rata-rata ulasan menunjukkan respon positif, itu berarti transaksi di toko tersebut memuaskan.

5. Kepuasan Toko

Kepuasan Toko di Tokopedia
Kepuasan Toko di Tokopedia
Faktor lain yang bisa dijaikan penilaian adalah rasio Kepuasan Toko. Rasio kepuasan toko ditunjukkan dalam bentuk 3 smiley: Positif, Netral, dan Negatif. Kepuasan Toko ini bergantung pada perasaan pelanggan yang selesai melakukan transaksi di toko tersebut. Apabila nilai positifnya tinggi, anda bisa jadikan bahan pertimbangan bahwa toko tersebut bisa dipercaya.

6. Jumlah Followers

Jumlah Followers Toko di Tokopedia
Jumlah Followers Toko di Tokopedia
Jumlah followers juga dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi anda. Sederhananya, apabila sebuah toko mempunyai banyak followers, itu berarti toko tersebut dipercaya dan mempunyai kredibilitas di mata followers-nya.

Itulah dia beberapa kriteria yang bisa anda perhatikan untuk menghindari kasus penipuan selama berbelanja online. Semoga artikel ini membantu dan selamat berbelanja di Tokopedia~

Posting Komentar untuk "Cara Menghindari Penipuan di Tokopedia"