Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penjelasan Reputasi Penjual di Shopee

Dalam menjalankan bisnis online, seorang penjual sangat bergantung pada reputasi toko tersebut. Semakin baik reputasi toko online mereka, maka semakin besar juga jumlah konversi mungkin terjadi. Oleh karena itu, seorang penjual harus paham betul tentang reputasi ini. Di Shopee, ada 6 faktor yang bisa dijadikan penilaian serta faktor yang mempengaruhi reputasi penjual di mata calon pembeli.
Penjelasan Reputasi Penjual di Shopee
Penjelasan Reputasi Penjual di Shopee

1. Waktu Aktif

Durasi aktif akan mempengaruhi reputasi penjual di Shopee. Semakin aktif admin/ penjual, maka reputasi dari toko atau penjual tersebut akan semakin baik, begitupun sebaliknya.

2. Jumlah Pengikut

Jumlah followers/ pengikut adalah salah satu faktor yang mempengaruhi reputasi si penjual. Penjual yang baik dengan produk yang berkualitas yang bagus tentu akan mendapatkan banyak pengikut. Jadi, perhatikan jumlah pengikut dari akun jualan anda. Jangan menyepelekan hal tersebut.

3. Jumlah Produk

Jumlah produk merupakan satu hal yang kadang dilupakan oleh penjual. Jumlah produk sangat mempengaruhi reputasi sebuah toko. Jumlah produk ini biasanya dibandingkan dengan lama akun tersebut ada di Shopee. Semakin lama, seharusnya si penjual sudah punya banyak varian produk. Maka, seorang penjual perlu untuk mempertimbangkan konsep dan desain baru untuk dijual ketimbang menjual produk yang sama terus menerus.

4. Performa Chat

Dimana ada komunikasi yang baik, disana ada penjualan yang baik pula. Penjual yang baik selalu memegang prinsip untuk membalas setiap chat yang diajukan oleh calon pembeli sesering dan secepat mungkin. Hal tersebut dikarenakan setiap chat itu pun menjadi faktor yang mempengaruhi reputasi toko secara keseluruhan. Apabila persentase performa chat seorang penjual atau suatu toko rendah, tentu pelanggan akan beranggapan bahwa penjual tersebut kurang responsif dan calon pembeli akan mencari penjual lain yang lebih responsif.

5. Penilaian

Penilaian merupakan faktor terpenting yang mempengaruhi reputasi seorang penjual. Penilaian merupakan review dari orang-orang yang pernah melakukan transaksi dengan si penjual. Penilaian dari Shopee berupa testomoni serta pemberian nilai dari 0 (sangat buruk) sampai 5 (sangat baik).

Di halaman profil toko, faktor Penilaian ini ditunjukkan dalam bentuk rata-rata. Jadi, jika rata-rata dari Penilaian semua pelanggan berada diatas 3.0, maka bisa dikatakan bahwa baik pelayanan maupun produk dari si penjual cukup memuaskan.

6. Status Toko

Hal ini bisa juga jadi faktor yang mendongkrak reputasi penjual. Di Shopee, terdapat dua status eksklusif yang bisa didapatkan oleh seorang penjual, yaitu:
  1. Shopee Mall
  2. Shopee Star Seller
Dua status tersebut merupakan fitur berbayar dari Shopee. Meski begitu, dengan mempunyai salah satu dari titel tersebut, calon pembeli dapat menjadi lebih yakin dengan performa kita sebagai penjual. Oleh karena itu, bila anda cukup serius untuk menggeluti dunia bisnis online, khususnya Shopee, ada baiknya anda mengambil salah satu status tersebut untuk toko anda.

Itulah beberapa hal yang mempengaruhi reputasi penjual. Bila anda hendak menjadi penjual yang baik di Shopee, pastikan anda memperhatikan faktor-faktor diatas. Semoga informasi diatas bermanfaat dan selamat memulai bisnis di Shopee~

Posting Komentar untuk "Penjelasan Reputasi Penjual di Shopee"