Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penjelasan Reputasi Penjual di Tokopedia

Baik untuk penjual maupun pembeli, reputasi menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Bagi anda pengguna dan penjual di Tokopedia, ada beberapa faktor yang perlu anda perhatikan demi keberlangsungan bisnis anda. Faktor-faktor tersebut adalah:
Statistik Toko di Tokopedia
Statistik Toko di Tokopedia


1. Ulasan Toko

Ulasan toko merupakan jumlah ulasan yang diberikan oleh seluruh pelanggan terhadap produk-produk yang dijual oleh toko tersebut. Ulasan Toko yang ada di profil toko merupakan rata-rata dari ulasan semua produk toko tersebut. Jika Ulasan Toko tersebut diatas 3 (normal), maka bisa dikatakan bahwa produk di toko tersebut berkualitas atau kualitas produk di toko tersebut tidak mengecewakan.

Jadi bagi anda yang hendak berjualan, pastikan pelanggan anda memberikan penilaian (review) mereka terhadap produk anda serta anda harus bisa menjamin bahwa pembeli anda memberikan penilaian terbaik mereka.

Serta, bagi anda yang membeli suatu produk, nilailah suatu produk secara objektif karena penilaian anda akan membantu orang lain agar tidak mengalami kerugian/ agar mendapatkan manfaat yang sama seperti yang anda peroleh.

2. Reputasi Toko

Reputasi Toko adalah fitur istimewa yang dimiliki oleh Tokopedia untuk memberikan gambaran kepada calon pembeli tentang kualitas pelayanan suatu toko. Reputasi Toko ditunjukkan dengan medali dan poin. Semakin banyak medali dan poin yang dimiliki oleh suatu toko, semakin bisa terpercaya toko tersebut. Oleh karena itu, para penjual Tokopedia serta calon penjual Tokopedia perlu untuk memperhatikan faktor ini.

3. Kepuasan Toko

Kepuasan Toko adalah respon yang diberikan oleh pembeli di suatu toko terhadap pelayanan si penjual. Kepuasan Toko terbagi ke dalam tiga smileys; hijau (puas), kuning (biasa) dan merah (tidak puas). Apabila pelanggan toko tersebut banyak memberi respon positif (smiley hijau), maka toko tersebut akan dianggap sebagai toko yang mempunyai pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan.

4. Diskusi

Memang terdengar tidak penting, tapi bagian diskusi merupakan salah satu faktor yang bisa dijadikan penilaian bagi calon pembeli. Diskusi merupakan kumpulan tanya jawab antara calon pembeli dan penjual. Apabila pertanyaan-pertanyaan dari calon pembeli ditanggapi dengan cepat dan dengan baik, maka orang akan beranggapan bahwa penjual tersebut bisa dipercaya dan responsif yang mana kedua faktor tersebut sangat bisa mempengaruhi penjualan.

5. Jumlah Followers

Jumlah Followers di Tokopedia
Jumlah Followers di Tokopedia
 Jumlah followers dari suatu toko juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi reputasi si penjual. Semakin banyak followers yang dimiliki oleh suatu toko, menandakan bahwa toko tersebut dipercaya oleh banyak orang. Oleh karena itu, seorang penjual yang baik selalu menawarkan para pembelinya untuk mengikuti toko mereka karena itu dapat mengangkat nama toko tersebut.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi reputasi penjual di Tokopedia. Baik anda sebagai pembeli ataupun penjual perlu paham dan  memperhatikan faktor-faktor tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berbelanja di Tokopedia~

Posting Komentar untuk "Penjelasan Reputasi Penjual di Tokopedia"