Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Berbelanja Aman dan Nyaman di Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu marketplace raksasa di Indonesia. Sudah jutaan transaksi online terjadi di Tokopedia termasuk di Indonesia. Namun, itu tak berarti Tokopedia aman dari segala kemungkinan penipuan. Oleh karena itu, kita perlu paham tips berbelanja agar tetap aman dan nyaman di Tokopedia. Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum berbelanja di Tokopedia.
Tips Berbelanja Aman dan Nyaman di Tokopedia
Tips Berbelanja Aman dan Nyaman di Tokopedia

1. Perhatikan Reputasi Toko

Reputasi Toko/ penjual adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan sebelum berbelanja di Tokopedia. Dengan mengetahui reputasi suatu toko, kita dapat mempertimbangkan untuk berbelanja di toko tersebut atau tidak. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan diantaranya:
  • Rating
  • Cancel rate
  • Review
  • Diskusi produk
Untuk memahami lebih jauh tentang reputasi penjual, silahkan anda baca tulisan Penjelasan Reputasi Penjual di Tokopedia.


2. Kirimkan Uang Melalui PT Tokopedia

Tokopedia mempunyai payment gateway sendiri yang juga menjadi syarat transaksi di Tokopedia. Seluruh proses transaksi harus melalui PT Tokopedia. Pastikan anda mengikuti prosedur ini. Jika penjual meminta anda mengirimkan uang langsung ke nomor rekening PT Tokopedia, maka anda patut waspada. Kalau perlu, anda tinggalkan penjual tersebut dan cari penjual lain yang mengikuti prosedur transaksi dari Tokopedia.

3. Lakukan Komunikasi Melalui Web/ Aplikasi Tokopedia

Baik di situs ataupun aplikasi Tokopedia terdapat fitur chat yang dapat digunakan untuk berkomunikasi antara penjual dan pembeli. Agar seluruh transaksi aman dan dapat dilacak, pastikan anda melakukan negosiasi ataupun tanya jawab melalui fitur chat tersebut. Meskipun, kadang penjual meminta anda untuk menghubunginya melalui aplikasi terpisah seperti WhatsApp dengan alasan lebih responsif.

4. Pastikan Jumlah Uang yang Dikirim Sesuai

Perlu kita ketahui bahwa sistem payment gateway Tokopedia sudah menggunakan robot sehingga prosesnya cepat dan otomatis. Oleh karena itu, anda perlu memastikan jumlah uang yang anda kirimkan untuk pembayaran sesuai dengan yang diminta oleh sistem. Salah satu rupiah saja dapat menyebabkan transaksi terkendala dan transaksi anda menjadi lebih lama.

5. Jangan Konfirmasi Penerimaan sebelum Pesanan Sampai

Salah satu masalah yang sering muncul adalah ketika pembeli secara sengaja atau tidak sengaja menekan Konfirmasi Penerimaan sebelum pesanan sampai di tangan pembeli. Hal ini dapat menjadi masalah ketika barang belum dikirim oleh penjual. Jadi, usahakan anda melakukan konfirmasi setelah pesanan sampai.

Jika masalah terkait Konfirmasi Penerimaan ini terjadi, anda dapat membaca artikel Solusi Tidak Sengaja Klik Barang Diterima di Tokopedia.

Itulah beberapa tips agar anda dapat berbelanja dengan perasaan aman dan nyaman. Semoga informasi diatas dapat membantu anda dan selamat kembali berbelanja di Tokopedia.

Posting Komentar untuk "Tips Berbelanja Aman dan Nyaman di Tokopedia"