Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Komplain Barang Belum Sampai di Shopee

Logo shopee
Logo Shopee
Ketika berbelanja online pada marketplace, seringkali muncul kekhawatiran jika barang yang dipesan belum sampai. Namun nyatanya, kamu bisa mengajukan komplain jika masalah ini terjadi.

Sebelum kamu mengajukan komplain, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu. Pula, cara atau hal apa yang harus kamu lakukan untuk komplain. Semuanya akan dibahas pada penjelasan di bawah ini. 

Hal yang harus dilakukan sebelum komplain

Lakukan hal-hal berikut ini sebelum kamu mengajukan komplain :

1. Hubungi penjual yang bersangkutan 

Contohnya jika kamu berbelanja di Bajuyuli Official Shop seperti berikut ini. Kamu bisa langsung menuju profil toko dan klik fitur Chat (yang dikotak biru) dan tanyakan mengapa barang yang kamu pesan belum juga sampai. Putuskan langkah selanjutnya yang mau kamu ambil setelah kamu menerima jawaban dari toko tersebut. 
Hubungi penjual shopee
Hubungi Penjual Shopee 
Jika toko yang bersangkutan menjawab bahwa mereka ternyata sudah mengirim barangnya dan sudah ada resi, maka kamu bisa mencoba langkah berikut.

2. Cek keberadaan barang pada menu riwayat pembelanjaan

Shopee memiliki fitur tracking barang yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui lokasi atau keberadaan brang pesanan kamu. Kamu bisa lihat ilustrasi berikut ini untuk mengakses fitur Riwayat Pembelanjaan
Riwayat Pembelanjaan
Riwayat Pembelanjaan
Penjelasan lebih lanjut bisa kamu cek pada artikel Cara Melacak Status Pengiriman Pesanan Saya di Shopee. Gunakan fitur ini dengan sebaik mungkin. Cek pada status pengiriman dimana produk kamu terakhir sampai sebelum akhirnya bertuliskan Paket Telah Diterima. 

3. Hubungi Jasa Pengiriman Terkait 

Setelah kamu mengecek lokasi pesanan kamu pada Status Pengiriman, kamu bisa menghubungi contact person dari Jasa Pengirimannya. 

Contohnya kasus seperti ini. 

A yang berdomisili di Kota Bandung Kecamatan Babakan Ciparay memesan barang dari Jakarta. A melakukan jasa pengiriman melalui JNE. Di status pengirimannya tertulis bahwa pesanan A sudah sampai tetapi A belum menerima pesanan tersebut. Kemudian, A mengecek dimana lokasi terakhir pesanan tersebut berada. Ternyata, pesanan tersebut berada di JNE Babakan Ciparay. 

Apa yang harus A lakukan? 

A bisa menghubungi contact person dari JNE Babakan Ciparay nya. Jika tidak ada jawaban, A bisa langsung mengunjungi cabang JNE Babakan Ciparay tersebut. Ternyata, produk pesanan A ada di JNE Babakan Ciparay. Yang harus A lakukan hanyalah mengambil pesanan tersebut dan mengkonfirmasi kepada petugas JNE. Maka, produk yang dipesan A pun berhasil berada di tangan A. 

4. Tanyakan pada Orang Rumah

Jika kamu sudah pergi ke jasa pengiriman terkait namun ternyata barang pesananmu tidak ada di sana, kamu bisa coba tanya ke orang rumah (ayah, ibu, adik atau kakak) siapa tau barang pesananmu sebetulnya sudah diterima oleh mereka namun mereka lupa untuk memberi tau kamu. 

Selain dari hal-hal diatas, ada poin-poin yang juga perlu kamu ingat sebagai langkah pencegahan agar kamu tidak mengalami kendala ini untuk yang kedua kalinya.

Hal yang perlu kamu ingat :

  • Pastikan bahwa penjual benar-benar sudah mengirim barangnya kepada kamu. 
    Perlu kamu tau, bahwa proses pengiriman barang sudah bukan lagi menjadi tanggung jawab penjual. Hal tersebut sepenuhnya menjadi tugas jasa pengiriman. Jadi, kalaupun kamu mau komplain ke penjual, sesungguhnya itu bukan salah si penjual. Kerena toh penjual sudah mengemas barang dan mengirimnya melalui jasa pengiriman. 
  • Pastikan penjual terpercaya. 
    Walaupun pengiriman barang sudah bukan lagi sepenuhnya tanggung jawab penjual, namun perlu diingat bahwa kamu juga wajib mencari tau terlebih dahulu sebelum membeli apakah penjual yang bersangkutan memang terpercaya atau tidak. Penjelasan lebih lanjut bisa kamu cek pada artikel Cara Menghidari Penipuan di Shopee.


Cara Mengajukan Komplain 

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk komplain. Diantaranya sebagai berikut : 

1. Melalui Email

Yang pertama, kamu bisa mengajukan komplain ke alamat email support@shopee.co.id yang aktif selama 24 jam non-stop. Jelaskan mengenai permasalahan kamu dan akan lebih baik jika kamu juga menyertakan foto atau bukti screenshot pemesanan kamu, bukti bahwa kamu sudah transfer, dan lain-lain yang sekiranya dibutuhkan.

2. Melalui Telepon (Call Center)

Atau, kamu bisa menghubungi Call Center Shopee pada 1500702. Namun, tentunya kamu akan dikenai biaya pulsa jika kamu mengajukan komplain melalui telepon. 

3. Melalui Akun Twitter

Kamu bisa mengirimkan keluhan atau komplain melalui Direct Message atau Mention langsung ke akun @ShopeeCare. Akan ada admin dari pihak Shopee nya yang nanti membalas komplain kamu. Permasalahan kamu pun akan dibantu hingga selesai.


Itulah penjelasan mengenai Cara Komplain Barang Belum Sampai di Shopee. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu dalam menyelesaikan masalahmu, ya. Sampai jumpa lagi diartikel yang lainnya! 


Posting Komentar untuk "Cara Komplain Barang Belum Sampai di Shopee "