Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Barang yang Saya Terima Ternyata Palsu Saat Belanja di Tokopedia

logo tokopedia
Logo Tokopedia

Kebijakan yang Dimiliki Tokopedia

Tokopedia sudah membuat sebuah sistem yang sedemikian rupa sehingga kesalahan atau masalah yang terjadi selama proses jual-beli di Tokopedia bisa diatasi. Termasuk ketika barang yang siterima ternyata palsu ketika belanja di Tokopedia. Jadi, kita tidak perlu khawatir karene kita bisa mengandalkan sistem dari Tokopedia dan prosedur yang sudah berlaku.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai kebijakan yang dimiliki Tokopedia, kamu bisa cek pada artikel Kebijakan Tokopedia.

Solusi


1. Ajukan Komplain Kepada Penjual

Solusi yang pertama, kamu bisa menghubungi penjual terlebih dahulu. Jangan terburu-buru untuk memberikan ulasan atau review negatif atas masalah ini. Pertama-tama, hubungilah terlebih dahulu penjual yang bersangkutan. Komunikasikan bahwa ternyata barang yang kamu terima mengalami kerusakan dan putuskan jalan keluar yang sama-sama enak antara penjual dan pembeli.

Kamu bisa cek artikel Cara Menghubungi Penjual di Tokopedia untuk langkah apa saja yang bisa dilakukan dan informasi lebih lanjut.

2. Ajukan Komplain Melalui Email Tokopedia

Kamu bisa mengajukan komplain ke alamat email contact@tokopedia.com yang aktif selama 24 jam non-stop. Jelaskan mengenai permasalahan kamu bahwa barang yang diterima ternyata palsu. Akan lebih baik jika kamu juga menyertakan foto atau bukti screenshot pemesanan, bukti bahwa kamu sudah transfer, kondisi barang yang diterima, dan lain-lain yang sekiranya dibutuhkan.

3. Ajukan Komplain Melalui Call Center Tokopedia

Selain menghubungi pihak Tokopedia melalui email, kamu juga bisa mengajukan komplain barang yang diterima ternyata palsu melalui Call Center Tokopedia pada (021) 8064 7333 atau (021) 5369 1015. Namun, tentunya kamu akan dikenai biaya pulsa jika anda mengajukan komplain melalui telepon.

4. Ajukan Komplain Melalui Akun Twitter Tokopedia

Kamu bisa mengirimkan keluhan atau komplain melalui Direct Message atau Mention langsung ke akun @TokopediaCare. Akan ada admin dari pihak Tokopedia yang nanti membalas komplainmu. Permasalahan kamu pun akan dibantu hingga selesai.

5. Pengembalian Barang 

Solusi yang selanjutnya adalah, kamu bisa mengajukan pengembalian barang. Aplikasi Tokopedia telah memiliki fitur Pengembalian Barang yang sangat mudah diakses oleh penggunanya. Tokopedia akan memperpanjang proses transaksi antara pembeli dan penjual sehingga pembeli bisa mengembalikan barangnya dan penjual mengirim barang yang benar kembali kepada pembeli sesuai dengan kesepakatan antara keduanya. 

6. Pengembalian Uang

Solusi lain yang mungkin diajukan oleh Tokopedia adalah Pengembalian Uang. Akan tetapi, uang pembeli hanya akan dikembalikan setelah Tokopedia menerima konfirmasi dari penjual bahwa penjual telah menerima barang yang dikembalikan.

Jika semua penjelasan di atas masih belum menyelesaikan masalah kamu, kamu bisa mencoba untuk mengajukan pertanyaan atau komplainmu dengan menghubungi Costumer Service dari Tokopedia. Untuk penjelasan lebih lanjut kamu bisa cek pada artikel Cara Komplain di Tokopedia dan Cara Menghubungi Costumer Service Tokopedia. 

Semoga artikel ini membantu menyelesaikan masalah kamu, ya. Sampai jumpa lagi pada artikel-artikel lainnya! 


Posting Komentar untuk "Barang yang Saya Terima Ternyata Palsu Saat Belanja di Tokopedia"