Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penjelasan Sistem Pengembalian Barang (Retur) di Tokopedia

Penjelasan Sistem Pengembalian Barang (Retur) di Tokopedia
Penjelasan Sistem Pengembalian Barang (Retur) di Tokopedia
Sebelum membeli produk secara online, anda perlu memahami sistem pengembalian barang di toko tersebut. Ini tentunya sangat penting, terutama jika produk yang anda terima tidak sesuai atau rusak. Tokopedia adalah salah satu mal online di Indonesia yang menyediakan layanan retur bagi pelanggannya. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang sistem retur barang di Tokopedia.

  • Pertama, masuklah ke akun anda di Tokopedia. Lalu klik tanda notifikasi yang terletak di pojok kanan atas beranda utama Tokopedia. Pilih kolom Pembelian dan lanjutkan dengan Konfirmasi Penerimaan.
  • Selanjutnya, gunakan tombol User-added image untuk memilih transaksi yang hendak anda laporkan. Kemudian pilih Ya apabila sudah selesai.
  • Pada kolom Kendala Produk, pilihlah barang dan jenis komplain yang ingin Anda sampaikan kepada pihak Tokopedia.
  • Anda biasanya akan mendapatkan pilihan komplain seperti produk tidak sesuai deskripsi atau rusak. Setelah itu, tulis apa alasan anda mengajukan keluhan. Pada tahap ini, anda juga bisa memasukkan jumlah barang yang mau dikomplain.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan memilih tombol Lanjutkan dan Solusi. Anda akan mendapatkan solusi berupa “Saya ingin menukar barang”. Klik pada pernyataan itu untuk melanjutkan komplain.
  • Tahap berikutnya adalah Anda akan diminta untuk mengunggah bukti foto dari produk yang bermasalah. Anda bisa melampirkan maksimal 5 foto dalam sekali unggahan. Kemudian beri keterangan di kolom Alasan mengenai komplain anda.
  • Pilih Buat Komplain agar pop-up notifikasi untuk rangkuman komplain muncul di layar desktop anda. Setelahnya, anda akan diberi waktu untuk berdiskusi dengan penjual. Anda juga bisa meminta bantuan kepada Customer Care Tokopedia dengan klik tombol Minta Bantuan.

Jika komplain tersebut disetujui oleh penjual, anda akan diberi alamat untuk mengembalikan (retur) produk. Segera kirim barang tersebut ke alamat retur dan masukkan nomor resi paket di halaman Pusat Resolusi. Caranya adalah dengan memilih tanda Masukkan No. Resi.

Setelah barang diterima oleh penjual, produk yang baru akan segera dikirimkan ke alamat anda. Untuk melacaknya, anda bisa masuk ke halaman Pusat Resolusi dan pilih tombol Lacak.

Apabila produk yang baru sudah sampai ke alamat anda, segera pilih Selesaikan Komplain untuk menutup keluhan anda.

Anda akan berdiskusi dengan si penjual selama proses pengembalian barang ini belum selesai. Diskusi akan diawasi dan ditengahi oleh pihak Tokopedia sehingga solusi dapat dicari dengan lebih mudah. Perlu diketahui bahwa sistem ini tidak selalu berlaku untuk setiap komplain. Apabila hal tersebut terjadi, silahkan anda laporkan masalah anda melalui Costumer Service. Silahkan baca Cara Menghubungi Customer Service Admin Tokopedia.

Itulah sedikit penjelasan tentang sitem pengembalian barang (retur barang) di Tokopedia. Semoga informasi ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Sistem Pengembalian Barang (Retur) di Tokopedia"