Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kekurangan Tokopedia Dibanding Aplikasi Marketplace Lainnya

Tokopedia adalah salah satu aplikasi jual-beli terbaik dan terbesar di Indonesia. Dengan segala macam promosi dan fitur yang ditawarkan, Tokopedia menjadi salah satu primadona bagi masyarakat Indonesia. Meski begitu, Tokopedia masih mempunyai banyak kekurangan yang perlu diperbaiki. Berikut adalah beberapa kekurangan dari aplikasi Tokopedia yang sering dikeluhkan oleh pengguna.

1. Aplikasi Sering Error

Salah satu aspek yang sering disorot oleh pengguna adalah aplikasi Tokopedia sering terjadi error. Hal ini menyebabkan apliikasi sering tidak bisa diakses dan banyak transaksi yang pada akhirnya tertunda. Karena error ini juga aplikasi Tokopedia sering mengalami maintenance yang membuat aplikasi harus update dan tidak bisa digunakan terlebih dahulu untuk jangka waktu tertentu.

2. Perang Harga

Tokopedia adalah pasar bebas dimana semua orang bisa berjualan dengan mudah di aplikasi ini. Hal ini seperti pisau bermata dua bagi Tokopedia. Karena kemudahan berjualan ini, banyak penjual yang rela membanting harga gila-gilaan. Ini membuat Tokopedia menjadi pasar yang tidak sehat untuk pebisnis.

3. Fitur Pengelolaan Toko yang Rumit

Fitur untuk pengelolaan toko di Tokopedia masih terbilang rumit sehingga menjadi problem tersendiri bagi seller khususnya fitur pengelolaan stok. Oleh karena itu, banyak penjual baru yang kesulitan ketika hendak mengatur tampilan produk mereka.

4. Banyak Produk SPAM

Seperti yang telah disebutkan di poin kedua, Tokopedia membolehkan siapapun untuk berjualan dengan mudah. Hal ini menyebabkan banyak produk serupa yang direupload oleh pengguna lain dengan menaikkan atau menurunkan harganya. Alhasil. pembeli kadang bingung untuk menemukan penjual yang kredibel dan penjual yang 'bodong'.

5. Petunjuk Pembelian Kurang Baik

Beberapa pembeli mengeluhkan tentang bagian petunjuk pembelian yang kurang rinci sehingga orang seringkali merasa bingung dan tidak terbantu dengan adanya petunjuk pembelian tersebut. Oleh karena itu, kita harus mencari informasi tambahan di tempat lain untuk bisa memahami proses pembelian dengan baik.

6. CS Tidak Responsif

Satu hal yang seringkali dikeluhkan oleh pengguna Tokopedia adalah respon dari Customer Service (CS) Tokopedia yang kurang responsif dan tidak solutif. Seringkali masalah yang diajukan tidak direspon sesuai dengan semestinya dan diproses dengan sangat lambat.

7. Kualitas Gambar Menurun

Poin yang satu ini sangat berpengaruh bagi penjual karena kualitas gambar yang diupload ke Tokopedia untuk mendeskripsikan produk mereka menurun. Hal ini membuat display dari produk mereka tidak cukup menarik untuk membuat orang membeli produk tersebut. Hal ini sangat merugikan bagi seller di Tokopedia.


Itulah beberapa kekurangan dari aplikasi Tokopedia yang banyak dikeluhkan oleh pengguna. Selebihnya, Tokopedia adalah marketplace online yang nyaman digunakan untuk mencari dan menjual barang secara online. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu anda.

Posting Komentar untuk "Kekurangan Tokopedia Dibanding Aplikasi Marketplace Lainnya"