Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Alasan Tidak Bisa Double Resi Saat Dropship di Tokopedia

Belakangan ini banyak yang bertanya-tanya kenapa tidak bisa menginput nomor resi yang sama saat dropship di Tokopedia.

Dengan menjamurnya bisnis dropship di Indonesia khususnya di marketplace Tokopedia, makin banyak pula orang-orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan sistem dropship ini untuk melakukan penipuan kepada para pembeli di Tokopedia apalgi dengan menggunakan aplikasi aplikasi bot dropship, oleh karena itu pihak Tokopedia mengubah kebijakan mengenai dropship sebagai upaya untuk menutup celah di sistem Tokopedia agar tidak terjadi praktik penipuan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.



Pada tanggal 5 November 2018 secara resmi Tokopedia melarang seluruh pengguna Tokopedia untuk melakukan Internal Droshipping dimana seorang penjual di Tokopedia membeli produk dari sesama penjual di Tokopedia kemudian menjualnya kembali kepada pembeli atau customer di Tokopedia dan pelaku Internal Dropshipping di sebut dengan Internal Dropshipper. Nah, karena ada larangan tersebut akibatnya 1 nomor resi hanya dapat diipunt 1x saja oleh penjual di Tokopedia sehingga penjual lain di Tokopedia tidak bisa menginputnya lagi.

Jika ada penjual yang menginput no resi yang sama di Tokopedia maka system Tokopedia akan meberikan keterangan bahwa "Tokopedia tidak memperbolehkan internal dropshipper. Dropshipping hanya bisa dilakukan ke pembeli di luar Tokopedia atau dari penjual di luar Tokopedia." Kemudia jika terdapat transaksi yang terindikasi sebagai dropshipper internal, maka dana yang sudah ditransferkan pembeli akan dikembalikan lagi ke pembeli dan kerugian akan sepenuhnya ditanggung oleh Internal Dropshipper.

Meskipun begitu, bagi kamu seorang Dropshipper tidak usah khawatir karena tidak bisa menjalankan bisnis kamu di Tokopedia kamu masih tetap bisa melanjutkan bisnis dropship kamu karena Tokopedia masih memperbolehkan para penggunanya untuk melakukan External Dropshipping yaitu transaksi dimana para pembeli di Tokopedia membeli produk dari penjual di Tokopedia dan menjual nya lagi ke pembeli lain di luar Tokopedia seperti menjualnya kembali di Shopee, BukaLapak dll, selain itu bisa juga penjual di Tokopedia membeli produk dari penjual yang berjualan di luar Tokopedia misalnya membeli produk dari penjual di Shopee atau marketplace lainnya kemudian menjualnya kembali di Tokopedia dan pelakunya di sebut External Dropshipper.

Nah, kurang lebih seperti itulah alasan kenapa tidak bisa double resi atau alasan tidak bisa menginput resi yang sama saat dropship di Tokopedia. Semoga bermanfaat dan semoga tetap sukses.

Posting Komentar untuk "Alasan Tidak Bisa Double Resi Saat Dropship di Tokopedia "