Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Dropship Dari Shopee Ke Tokopedia Mei 2019

Sebelum melakukan bisnis dropship dari Shopee ke Tokopedia tentunya kamu harus membuat akun Shopee dan Tokopedia terlebih dahulu, untuk panduan membuat akun Shopee silahkan baca artikel Cara Daftar Akun di Shopee dan untuk panduan membuat akun Tokopedia silahkan kamu baca artikel Cara Daftar Akun Tokopedia.

Kemudian untuk lebih jelasnya setelah kamu memiliki akun Shopee dan Tokopedia, silahkan kamu simak langkah-langkah berikut ini.

1. Mencari Supplier di Shopee

Hal terpenting untuk melakukan bisnis dropship adalah supplier yang tepat, yang tentunya aman dan terpercaya untuk memasok produk yang akan kamu jual. Untuk mencari supllier yang tepat di Shopee kamu bisa memanfaatkan fitur pencarian produk di Shopee, setelah muncul produk yang akan kamu jual silahkan kamu filter terlebih dahulu pencarian produk dengan kategori produk terlaris dan pengiriman diutamkan satu kota dengan tempat tinggal kamu, untuk lebih jelasnya kamu bisa membaca artikel Cara Mencari Produk Terlaris di Shopee.

2. Melakukan Survei Supplier

Setelah kamu menemukan produk terlaris dengan pencarian produk yang akan kamu jual, silahkan kamu lakukan survei dengan mengunjungi halaman toko penjual produk terlaris tersebut, kemudian cari tahu mengenai prdouk apa saja yang toko tersebut jual, sudah berapa lama membuka toko di Shopee, sudah berapa banyak pengguna yang mengikuti toko tersebut, bagai mana pelayanan dan proses pengirimannya, sampai reputasi dan rating yang didapatkan toko tersebut bahkan kalau perlu silahkan kamu coba sendiri untuk membeli salah satu produk yang dijual toko tersebut untuk memastikan sendiri bagaimana pelayanannya, seberapa cepat proses pengemasan dan pengirimannya dan gimana kualitas produknya. Untuk panduan berbelanja di Shopee kamu dapat membaca artikel Cara Mudah Belanja di Shopee.

3. Meminta Izin Kepada Target 

Selanjutnya jika kamu merasa toko tersebut pantas dan terpercaya tentunya untuk dijadikan sebagai supplier produk yang akan kamu jual, disarankan kamu meminta izin terlebih dahulu kepada toko yang bersangkutan bahwa kamu berniat melakukan dropship produk yang toko tersebut sediakan sehingga terjadi kesepakatan dan hubungan yang baik diantara kamu sebagai Calon Dropshipper dan toko bersangkutan sebagai Calon Supplier.

4. Membuat Toko di Tokopedia

Nah, setelah terjadi kesepakatan antara kamu dan calon supllier silahkan kamu buat Toko di Tokopedia untuk menjual produk dari supplier dan jangan lupa atur alamat toko kamu sesuai dengan alamat toko supplier di Shopee agar tidak ada masalah dalam ongkos kirim (Jika kamu menjual produk dari beberapa supplier yang berbeda disarankan membuat akun Tokopedia yang lain dan sesuaikan alamat toko sesuai dengan alamat toko supplier). Untuk cara membuat toko di Tokopedia kamu dapat membaca artikel Cara Mulai Berjualan di Tokopedia.

5. Scrape Gambar/Photo Produk

Jika toko di Tokopedia sudah selesai dibuat, selanjutnya silahkan kamu scrape atau ambil (save/download) gambar-gambar atau photo-photo produk yang akan kamu jual dari toko supplier di Shopee. Selain itu juha kamu perlu mempelajari spesifikasi produk secara mendalam untuk berjaga-jaga agar kamu bisa menjawab jika ada customer yang menanyakan sesuatu mengenai produk yang bersangkutan.

6. Upload Gambar di Tokopedia

Setelah kamu mengambil gambar-gambar atau photo-photo dari produk yang akan kamu jual di Tokopedia, selanjutnya kamu tinggal mengupload nya di toko kamu serta memberikan keterangan mengenai produk yang terlihat di gambar atau mengenai produk yang akan dijual dengan memberikan spesifikasi produk seperti bahan produk, warna produk dan lain sebagainya. Kemudian setelah toko kamu siap dan sudah memiliki etalese yang dapat menarik customer lakukanlah promosi agar produk yang kamu jual diketahui oleh orang lain, kamu dapat melakukan promosi berbayar yang disediakan oleh Tokopedia ataupun melakukan promosi manual diberbagai social media.

7. Sistem Kerja Dropshipper

Jika ada customer yang membeli produk kamu, langsung saja kamu melakukan order ke supplier atas nama dan alamat tujuan customer melalui marketplace Shopee namun jika tidak bisa melakukan input resi sebanyak 2x sebaiknya kamu order ke supplier di Shoppe melalui jaringan pribadi seperti WhatsApp, SMS, atau telepon dan jangan sampai melalui marketplace, kemudian kirimakan uang pembayaran sesuai orderan customer, minta kepada supplier untuk menuliskan nama dan alamat pengirim sesuai dengan toko kamu, setelah supplier mengirimkan produk orderan ke alamat customer, pastikan kamu mendapatkan nomor resi dari supplier, copy paste saja dan masukkan ke kolom nomor resi yang sudah tersedia di proses pengiriman Tokopedia. Jika produk orderan sudah terkirim dan pembeli sudah mengkonfirmasi bahwa produk sudah diterima, maka otomatis uang yang ditransfer oleh pembeli akan masuk ke saldo kamu di Tokopedia plus pengembalian biaya ongkir..

Nah, kurang lebih seperti itulah cara singkat dropship dari Shopee ke Tokopedia sangat mudah dan menguntungkan. Seperti yang kamu tahu, di Shopee kamu bisa mendapatkan gratis ongkir ketika membeli produk dengan jumlah tertentu. Jadi, selain mendapatkan keuntungan dari penjualan produk, kamu juga akan mendapat untung dari biaya ongkir gratis sesia dengan ketentuan yang berlaku di Shopee.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang akan memulai bisnis online dropship. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Posting Komentar untuk "Cara Dropship Dari Shopee Ke Tokopedia Mei 2019"