Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Gratis Ongkir Saat Menjadi Dropshiper di Tokopedia Terbaru 2022

Sebelum membahas topik utama mengenai Penjelasan Gratis Ongkir Saat Menjadi Dropship di Tokopedia kamu harus tahu terlebih dahulu apa itu Gratis Ongkir? dan Apa itu Dropship?


1. FREE ONGKIR

Gratis Ongkir atau Free Ongkir merupakan salah satu strategi bisnis yang seringkali diterpakan dalam mengelola bisnis perdagangan secara online, biasanya free ongkir ini diterapkan oleh toko-toko yang sedang melakukan launching toko untuk menarik perhatian para pembeli, namun hal tersebut sekarang sudah tidak berlaku lagi karena setiap toko online yang sudah lama populerpun seperti Shopee, Lazada, Tokopedia selalu memberikan promo gratis ongkir.

Free Ongkir tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembeli, karena pada umumnya ongkir atau ongkos kirim ini harus ditanggung oleh pembeli yang biayanya disesuaikan dengan berat barang yang dipesan dan lokasi pengiriman, nah dengan gratis ongkir beban pembeli akan sedikit berkurang.

2. DROPSHIPPER

Dropshipper merupakan pelaku yang melakukan kegiatan dropship, dimana dropship itu sendiri adalah kegiatan jual beli secara online dengan harga yang lebih mahal yang mana penjual tidak melakukan stok barang ataupun proses pengiriman, karena supplier lah yang melakukan stok barang dan proses pengiriman. Jadi bisa dibilang dropshiper ini sama dengan seorang sales menawarkan produk orang lain namun dengan harga yang lebih mahal.

Seorang dropshiper biasanya menawarkan produk dari supplier melalui sosial media seperti Facebook, Instagram dan berbagai marketplace seperti Shoppe, BukaLapak, Tokopedia dan marketplace lainnya.

Nah yang jadi pertanyaan BAGAIMANA SISTEM KERJA GRATIS ONGKIR SAAT MENJADI DROPSHIPER DI TOKOPEDIA?

Jika Tokopedia memberikan promo gratis ongkir maka ongkir tersebut akan tetap ditanggung oleh Tokopedia sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, dengan prosedur kurang lebih seperti berikut ini:

  1. Konsumen melakukan pemesanan produk kepada Dropshipper.
  2. Konsumen melakukan pembayaran ke pihak Tokopedia sebagai perantara (Uang pembayaran akan ditahan oleh pihak Tokopedia sampai produk yang dipesan diterima oleh Konsumen).
  3. Dropshipper melakukan pemesanan produk yang dipesan Konsumen kepada Supplier sebagai Dropshipper dan mengisi alamat tujuan pengiriman dengan alamat Konsumen.
  4. Dropshipper melakukan pembayaran produk dari Supplier secara langsung atau melalui marketplace yang lain.
  5. Supplier mengkonfirmasi pemesanan, kemudian Dropshiper mengkonfirmasi pemesanan,
  6. Supplier melakukan proses pengiriman, Dropshiper pun silahkan memproses pemesanan.
  7. Supplier mengirimkan pesananan konsumen dengan Nama Toko Dropshiper sebagai pengirim dan memasukan resi di Tokopedia.
  8. Dropshiper memasukan resi pengiriman yang didapat dari Supplier.
  9. Setelah konsumen mengkonfirmasi bahwa barang sudah diterima, maka Tokopedia akan mengembalikan dana biaya pengiriman + nominal harga produk yang dibeli konsumen ke saldo Tokopedia Dropshipper.
  10. Selanjutnya Dropshipper harus mengkonfirmasi bahwa barang sudah diterima konsumen.
  11. Setelah itu Tokopedia akan mengembalikan dana biaya pengiriman + nominal harga produk yang dibeli konsumen ke saldo Tokopedia Supplier.
Kemudian perlu kamu ketahui jika kamu sebagai dropshipper maka kamu harus mengatur alamat toko kamu menggunakan alamat yang sama dengan supplier kamu agar tidak terjadi perbedaan besar kecilnya ongkir. Jadi kesimpulannya meskipun sebagai dropship, fitur gratis ongkir ini akan tetap ditanggung oleh pihak Tokopedia dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dan alamat toko kamu sebagai Dropshiper harus sama dengan alamat toko supplier agar kamu tidak mengalami kerugian.

Adapun jika kamu ingin memberikan Free Ongkir dari toko kamu sendiri sebagai Dropshiper bukan dari Pihak Tokopedia, maka kamulah yang harus menanggung biaya free ongkir tersebut, sebaiknya kamu menyesuaikan harga produk kamu terlebih dahulu sebelum memberikan promo gratis ongkir agar kamu tidak mengalami kerugian.

Terakhir sebagai saran saja, sebagai dropshipper sebaiknya tidak menjual di tempat yang sama dengan supplier kamu, bukalah toko di marketplace yang berbeda ataupun di social media, apalagi kalau ditokopedia dilarang melakukan internal dropship jadi jika supplier kamu menjual barang di Tokopedia kamu sebagai Dropshipper tidak boleh menjual barang supplier di Tokopedia.

Kurang lebih itulah sedikit Penjelasan mengenai masalah gratis ongkir saat menjadi dropshipper di Tokopedia. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Gratis Ongkir Saat Menjadi Dropshiper di Tokopedia Terbaru 2022"