Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penjelasan Sistem Kerja Gratis Ongkir

Ongkir / Ongkos Kirim merupakan salah satu istilah yang sudah tidak asing lagi dalam aktivitas jual beli secara online yang di terapkan di berbagai marketplace, ongkos kirim adalah biaya pengiriman barang dari pihak penjual ke pihak pembeli dan biaya pengiriman ini biasanya dibebankan kepada pihak penerima barang selaku pembeli barang yang bersangkutan.

Salah satu marketplace yang populer di Indonesia yaitu Shopee belakangan ini menerapkan beberapa program gratis ongkir dan tentu menjadi daya tarik yang besar bagi para pembeli, namun bagi beberapa pihak penjual yang masih awam hal ini menjadi kegundahan di hati dan pikiran mereka lantas siapa yang akan menanggung biaya ongkos kirim tersebut?

Jawabannya tentu saja pihak Shopee yang akan menanggung nya, jadi pihak Shopee akan menanggung ongkos kirim sejauh pembelian barang memenuhi batas minimum pembelian yang bisa mendapatkan subsidi ongkir dari Shopee. Jika tidak memenuhi batas minimum, maka yang menanggung ongkos kirimnya tentu saja adalah pembeli. Sedangkan, apabila sudah memenuhi batas minimum pembelian dan ongkos kirim ke tempat pembeli melebihi subsidi ongkir Shopee yang telah ditentukan, maka yang menanggung sisa ongkirnya adalah pembeli.

1. Program Free Ongkir

Berikut ini adalah beberapa program gratis ongkir yang diselenggarakan oleh marketplace Shopee.
  1. Gratis Ongkir dengan min. belanja Rp10.000, Rp50.000 & Rp300.000 di seluruh toko Shopee dengan logo Shopee24.
  2. Gratis Ongkir dengan min. belanja Rp10.000, Rp50.000 & Rp300.000 di seluruh toko Shopee dengan logo Shopee Express.
  3. Gratis Ongkir Rp20.000 & Rp50.000/ pesanan dengan min. belanja mulai Rp90.000 di Shopee Mall & Star Seller.
  4. Gratis Ongkir adalah Rp20.000/ pesanan dengan min. belanja Rp90.000 di seluruh toko Shopee berlaku untuk jasa kirim J&T Express, SiCepat Express & SiCepat Cargo.
  5. Gratis Ongkir Rp20.000/ pesanan dengan min. belanja Rp150.000 dengan jasa kirim JNE REG, Pos Kilat Khusus, GO-SEND Same Day Delivery, GO-SEND Instant Delivery, GrabExpress Sameday & GrabExpress Instant.

2. Ketentuan Free Ongkir

Ketentuan untuk mendapatkan program Gratis Ongkir ini pihak penjual di Shopee harus mendaftarkan toko mereka di program gratis ongkir Shopee, jadi hanya para penjual yang terdaftar saja yang akan mendapatkan fitur gratis ongkir ini. 

Kemudian bagi pembeli Shopee telah menerapkan batasan untuk checkout bergratis ongkir di Shopee yaitu maksimal 1 kali checkout perhari atau maksimal 1 kali checkout perminggu di website Shopee.

Selanjutnya untuk pengembalian dana ongkir yang dikeluarkan oleh penjual akan dikembalikan jika pesanan sudah diterima oleh pembeli, maka dana akan Shopee lepaskan ke penjual sesuai harga barang ditambah dengan biaya ongkos kirim.

Informasi lebih jelasnya lagi kamu dapat membacanya di pusat bantuan Shopee dengan topik KETENTUAN PROGRAM GRATIS ONGKIR atau kamu bisa klik disini.

3. Cara Mendaftar Program

Setelah kamu membuka aplikasi Shopee dan login menggunakan akun kamu di Smartphone, silahkan kamu masuk kebagian menu Notifikasi, selanjutnya pada bagian Update Pesanan klik Daftar Program Gratis Ongkir!

Pendaftaran Program Gratis Ongkir Bagi Penjual di Shopee.
Pendaftaran Program Gratis Ongkir Bagi Penjual di Shopee.

4. Mengisi Form Pendaftaran

Kemudian setelah itu kamu akan dibawa kebagian halaman pengisian formulir pendaftaran program gratis ongkir di Shopee yaitu dengan cara mengetikan No.KTP dan mengupload photo diri yang sedang memegang KTP dengan syarat photo KTP dan wajah kamu harus terlihat jelas.

Mengisi Formulir Pendaftaran Program Gratis Ongkir di Shopee.
Mengisi Formulir Pendaftaran Program Gratis Ongkir di Shopee.
Selanjutnya silahkan kamu centang pada pilihan kotak kecil dengan tulisan "Saya bersedia ... " dan setelah itu kamu tinggal klik tombol KIRIMKAN dibagian paling bawah. Terakhir tinggal tunggu pemberitahuan dari pihak Shopee. Jika kamu berhasil maka akan menerima notif untuk check status jasa kirim. Sedangkan jika gagal, maka kamu akan diminta untuk mengulang kembali kemungkinan No. KTP yang kamu ketikan tidak sesuai dengan yang ada di photo atau bisa juga photo yang kamu upload tidak jelas.

Dengan program gratis ongkir ini penjual akan mendapat keuntungan berupa peningkatan pembeli, sedangkan pembeli mendapat keuntungan berupa gratis ongkir dengan jumlah minimal belanja tertentu, dan tentu saja Shopee pun mendapatkan keuntungan karena banyak yang melakukan aktivitas jual beli di Shopee.

Itulah sedikit penjelasan mengenai program atau sistem kerja gratis ongkir yang ditawarkan oleh pihak marketplace Shopee. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

Posting Komentar untuk "Penjelasan Sistem Kerja Gratis Ongkir"