Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Bayar Zakat Melalui Shopee

Zakat merupakan salah satu dari Rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh seluruh umat muslim yang mampu melaksanakannya. Zakat sendiri terbagi kedalam dua bagian yaitu ada Zakat Fitrah yang wajib ditunaikan pada setiap akhir bulan ramadhan menjelang hari raya dan yang kedua ada Zakat Maal atau yang biasa disebut dengan Zakat Harta ini terbagi kedalam beberapa bagian lagi seperti Zakat dari hasil pertanian, Zakat hasil perniagaan, Zakat uang hasil dari kerja keras sendiri atau biasa disebut dengan Zakat Profesi.

Nah, pada kesempatan kali ini carashopee.com akan memberitahukan langkah-langkah mudah untuk membayar Zakat Profesi melalui aplikasi Shopee di smartphone.

1. Buka Menu Kategori Produk Digital 

Saya umpamakan kamu sudah membuka aplikasi Shopee di smartphone dan login dengan akun Shopee kamu, untuk membayar Zakat Profesi melalui Shopee silahkan kamu buka menu kategori Produk Digital yang terdapat di halaman Beranda Shopee.

Menu Kategori Produk Digital di Halaman Beranda Shopee.
Menu Kategori Produk Digital di Halaman Beranda Shopee.

2. Pilih Layanan Zakat di Produk Digital

Selanjutnya silahkan kamu pilih layanan Zakat di Produk Digital yang berada di bagian paling bawah halaman dengan kategori Donasi & Keuangan.

Layanan Pembayaran Zakat di Menu Produk Digital Marketplace Shopee.
Layanan Pembayaran Zakat di Menu Produk Digital Marketplace Shopee.

3. Mengisi Formulir Pembayaran Zakat

Setelah itu silahkan kamu isi nominal uang yang akan kamu zakatkan, baiknya nominal zakat penghasilan itu 2.5% x total penghasilan brutto kamu selama 1 bulan bagi kamu yang penghasilannya melebihi dari kebutuhan, sedangkan bagi kamu yang penghasilannya masih pas pasan (maaf) maka nominal zakat penghasilan yang harus kamu bayarkan sebaiknya itu 2.5% x (total penghasilan kamu selama satu bulan setelah dikurangi semua kebutuhan kamu selama satu bulan termasuk hutang piutang dan lain sebagainya.

Oke selanjutnya silahkan kamu pilih salah satu lembaga yang kamu percaya untuk menyalurkan zakat yang kamu bayarkan kepada pihak yang berhak menerimanya dan untuk isian nama itu hanya opsional kamu bisa mengisinya dan boleh juga untuk mengosongkannya kemudian jika sudah langsung saja tekan tombol LANJUT.

Formulir Pembayaran Zakat Melalui Marketplace Shopee.
Formulir Pembayaran Zakat Melalui Marketplace Shopee.

4. Memilih Metode Pembayaran Zakat

Silahkan kamu pilih salah satu metode pembayaran untuk membayar zakat kamu di Shopee,  bisa melalui Teller Bank, ATM, Indomart dan masih banyak lagi metode lainnya bisa kamu pilih sesuai dengan kemauan dan kemampuan kamu. Terakhir silahkan tekan tombol Bayar Sekarang kemudian lakukan pembayaran sesuai dengan nominal dan metode pembayaran yang kamu masukan.

Memilih Metode Pembayaran Zakat di Marketplace Shopee.
Memilih Metode Pembayaran Zakat di Marketplace Shopee.
Itulah sedikit penjelasan mengenai langkah-langkah untuk membayar Zakat Penghasilan atau Zakat Profesi di marketplace Shopee melalui smartphone. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan bagi kamu yang membaca. 

Posting Komentar untuk "Cara Bayar Zakat Melalui Shopee"