Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Berjualan Online Lewat Live Streaming di Shopee

Baru baru ini tepatnya pada tanggal 6 Juni 2019, salah satu marketplace terbesar di Asia yaitu Shopee telah meluncurkan fitur terbarunya yang di beri nama SHOPEE LIVE, dengan fitur tersebut memungkinkan para penjual di Shopee dapat melakukan Live Streaming di Aplikasi Shopee yang terinstal di smartphone sama halnya seperti melakukan live streaming di Instagram dan Facebook. Penjual dapat secara langsung memperkenalkan dan mengulas produk-produk yang mereka jual di etalse toko mereka melalui siaran langsung atau live streaming sehingga para calon pembeli akan lebih yakin mengenai kualitas produk yang mereka minati.

Calon pembeli dapat mengajukan pertanyaan pada kolom obrolan yang tersedia di menu live streaming, selain itu para calon pembeli juga dapat secara langsung membeli produk di live streaming melalui menu yang tersedia tanpa harus meninggalkan live streming tersebut.

Berikut ini adalah langkah-langkah mudah bagi kamu para penjual di Shopee yang belum mengetahui cara untuk melakukan Live Streaming di Shopee.

1. Buka Fitur Live Streaming di Shopee

Untuk membuka fitur live streaming di Shopee, silahkan kamu masuk terlebih dahulu ke Menu Saya yang berada di bagian pojok kanan paling bawah kemudian pilih fitur Live Streaming tepat di bagian atas fitur ShopeePay.

Fitur Terbaru Live Streaming Pada Aplikasi Shopee di Smartphone.
Fitur Terbaru Live Streaming Pada Aplikasi Shopee di Smartphone.

2. Mengisi Informasi Live Streaming Shopee

Sebelum memulai live streaming di Shopee, kamu harus menambahkan cover live streaming disarankan yang berkaitan dengan produk yang akan ditampilkan pada live streaming ataupun logo dari toko kamu (1), menambahkan judul dan deskripsi live streaming (2), menambahkan produk terkait dari etalese toko kamu di shopee yang akan ditampilkan di live streaming dan bisa lebih dari 1 produk (3), kemudian setelah semua informasi selesai di isi sesuai dengan produk yang akan ditampilkan di live streaming, silahkan tekan tombol LANJUT (4) seperti yang terlihat pada bagian yang dikasih nomor pada screenshot berikut ini.

Mengisi Informasi Live Streaming Produk Penjual di Shopee.
Mengisi Informasi Live Streaming Produk Penjual di Shopee.

3. Mempersiapkan Live Streaming di Shopee

Selanjutnya setelah mengisi semua informasi mengenai live streaming yang akan dilakukan di Shopee, kamu akan langsung diarahkan kehalaman live streaming, sebelum live streaming di mulai kamu dapat memilih produk yang akan kamu kenalkan atau yang akan kamu review di layar live streaming (kamu dapat memilihnya di icon tas (1) yang sebelumnya kamu tambahkan dari etalase toko kamu pada saat mengisi informasi live streaming), sebelum memulai live streaming kamu dapat melakukan filter atau mengubah effect kamera (2), selain itu juga kamu dapat memutar balikan kamera antar menggunakan kamera depan atau belakang (3), setelah semuanya sesuai dengan keinginan kamu, untuk memulai live streaming di aplikasi Shopee silahkan tekan tombol Mulai Live Streaming.

Mempersiapkan Live Streaming di Shopee Melalui Handphone.
Mempersiapkan Live Streaming di Shopee Melalui Handphone.

4. Fitur Saat Live Streaming Berlangsung

Pada saat kamu (sebagai penjual) sedang melakukan live streaming, silahkan perkenalakan atau review produk yang kamu jual di etalase toko kamu dan pada saat live streaming berlangsung akan ada beberapa fitur yang dapat kamu gunakan. Untuk lebih jelasnya silahkan sambil lihat pada screenshot dibawah ini, kamu dapat mengubah tampilan produk yang terdapat harganya dengan memilih produk dari fitur atau icon nomor (1), kamu dapat menyediakan voucher untuk calon pembeli dengan memilih dari fitur atau icon nomor (2), kamu dapat membalas komentar atau pertanyaan dari para penonton dengan mengetuk fitur atau icon no (3), kamu dapat membagikan link live streaming ke aplikasi media sosial yang terinstal di hp kamu dengan menekan fitur atau icon no (4), kemudian untuk mengubah filter atau efek kamera bisa memilih fitur atau icon no (5), untuk memutar balikan kamera antara kamera depan dan belakang pilih nomor (6) dan yang terakhir untuk mengakhiri live streaming jangan melakukannya dengan menutup aplikasi Shopee tetapi silahkan pilih tanda silang pada nomor (7).

Fitur Aplikasi Shopee Saat Penjual Melakukan Live Streaming.
Fitur Aplikasi Shopee Saat Penjual Melakukan Live Streaming.
Nah. kurang lebih seperti itulah langkah-langkah untuk berjualan online lewat fitur live streaming di aplikasi marketplace Shopee melalui smartphone. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan bagi kamu yang sudah membaca. Selamat berjualan di Shopee. 

Posting Komentar untuk "Cara Berjualan Online Lewat Live Streaming di Shopee"