Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Submit Sitemap blog webmaster tools

Cara Submit Sitemap Blog ke webmaster Tools
Google merupakan salah satu sumber yang menghasilkan trafik besar bagi blog, Karna biasanya trafik yang datang dari google dikatakan traffic organic karna mereka datang menggunakan mesin pencari milik google. Bukan hanya disukai banyak orang, google pun merupakan salah satu search engine nomer satu di dunia yang bisa mendatangkan traffic dari berbagai dunia. Sehingga untuk bisa muncul pada halaman pertama pencarian butuh usaha dan kerja keras tentunya agar bisa berbuah.

Google sebenarnya sangat baik, Sebagai seorang blogger kita diberikan kesempatan untuk bisa memenangkan persaingan dengan sehat, Salah satu caranya yaitu dengan cara mengoptimalkan google webmaster tools, Untuk mengoptimalkan kinerja blog melalui webmaster, terlebih dahulu kalian harus mendaftar dan memverifikasi blog yang kalian miliki di webmaster.

Baca juga: Cara verifikasi situs di webmaster tools.

Bila selesai melakukan verifikasi kepemilikan situs anda pada web master tools, Alangkah baiknya kita men submit sitemap blog agar web yang kita kelola ramah dengan robot mesin pencarian google. Sehingga kalian memiliki kemungkinan artikel yang sudah kalian posting dapat dicari pada mesin pencarian. Perlu diketahui bahwa submit sitemap atau peta situs merupakan salah satu bagian dari SEO yang paling ampuh dan mudah.

Cara Submit Sitemap atau peta situs ke Google Webmaster Tools


Untuk melakukan submit sitemap, terlebih dahulu pastikan anda sudah login pada akun web master tools. 
  • Setelah berhasil masuk pada akun Google Webmaster, klik url blog yang akan di optimasi.
  • Pada menu sebelah kiri dashboard klik Crawl kemudian pilih sitemap
  • Pada pojok kanan atas Klik ADD/TEST SITEMAP berwarna merah
  • Setelah itu anda akan melihat menu untuk submit peta situs, seperti gambar di bawah ini. 
  • Masukkan kode-kode di bawah ini pada kolom yang di sediakan 
  1. sitemap.xml
  2. feeds/posts/default?orderby=updated
  3. atom.xml
  • Klik Test untuk memastikan apakah peta situs yang ingin kita kirim bermasalah (error) atau tidak. 
  • Setelah peta situs yang kita ujicoba berhasil dirayapi dengan baik oleh robot google dalam artian tidak error, langkah selanjutnya klik Submit atau anda bisa langsung klik submit tanpa melakukan pengetesan terlebih dahulu.
  • Maka anda akan melihat tampilan yang menyuruh anda untuk merefresh halaman, klik saja tulisan “refresh the page”. 
Catatan: kode di atas bisa anda submit satu persatu atau satu saja cukup, tapi untuk hasil lebih baik silakan submit semuanya.

Sampai disini kita sudah sukses mengirim peta situs (sitemap) blog. Google akan menunda sementara waktu pengindex-an. Waktunya kurang lebih 24 jam sejak disubmit (didaftarkan). Namun dari pengalaman penulis, jika jumlah posting (artikel) blog masih sedikit (kurang dari seratus), waktu yang dibutuhkan paling lama hanya beberapa  jam. 

Cara Submit Banyak Sitemap (Peta Situs) Sekaligus Di Google Webmaster Tools


Jika jumlah posting atau atikel pada blog jumlahnya banyak sebaiknya teman-teman submit sitemap menggunakan kode di bawah ini
  1. Apabila jumlah posting/artikel blog kurang dari 500 namun jumlahnya sudah ratusan, teman-teman bisa memakai kode berikut ini atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  2. Apabila postingan blog lebih dari 500 dan dibawah 1000, masukkan dua kode berikut ini satu persatu atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 dan atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500
  3. Apabila jumlah postingan blog Anda lebih dari 1000, gunakan kode di atas untuk setiap kelipatan 500 artikel. Caranya ganti star-index = 1 dengan jumlah max result+1
Dengan melakukan langkah-langkah di atas sekarang blog yang kita kelola jauh lebih SEO daripada sebelumnya. Tugas anda sebagai pengelola tinggal rajin-rajin melakukan posting artikel agar blog/web yang dikelola lebih sering dirayapi oleh mesin pencari. Dimana dengan semakin banyak dan sering situs kita di crawl semakin banyak pula kata kunci (keyword) mengarah pada situs milik kita. Sehingga peluang datangnya traffik juga semakin besar.

Demikianlah sedikit informasi tentang bagaimana cara submit sitemap blog di google webmaster tools, semoga mudah di mengerti. Bagi yang memiliki saran, atau pertanyaan silakan masukkan pada kotak komentar di bawah. Terima kasih atas kunjungannya.