Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Hand sanitizer Sendiri dengan mudah

Cara Membuat Hand Sanitizer sendiri dengan mudah

cara membuat hand sanitizer sendiri dengan mudah - saat ini indonesia sedang dilanda wabah pandemi corona yang semakin meluas, Berbagai cara oleh setiap orang dilakukan agar dirinya terhindar dari virus Covid 19 yang sedang melanda dunia.

Biasanya orang - orang menggunakan hand sanitizer guna mengurangi penyebaran virus tersebut, Namun saat ini Keberadaan Hand Sanitizer mengalami kelangkaan yang disebabkan banyak orang yang menggunakannya dan berburu hand sanitizer tersebut.


Cara membuat hand sanitizer dengan alkohol

Tahukah anda bahwa menggunakan alkohol dengan kadar 60% dapat membunuh kuman? Ya, terlebih dari itu anda bisa membuat hand sanitizer tersebut dengan kandungan alkohol dengan kadar penggunaanya minimal 60% namun jika lebih banyak menggunakan nya berdampak lebih baik,  Kandungan isopropil dalam alkohol diatas 90% mampu membunuh kuman sekitar satu menit. Jangan sampai anda menggunakan alkohol metanol dan butanol. Oleh karna itu anda jangan salah memilih alkohol yang digunakan karna akan berdampak bahaya bagi diri anda sendiri. Sebelum Membuat hand sanitizer tersebut, silahkan terlebih dahulu perhatikan kebersihan semua bahan termasuk tempat yang akan digunakan seperti mangkuk, sendok, pengaduk, dll. Menurut World Health Organization (WHO), waktu yang digunakan untuk membuat hand sanitizer adalah selama minimal 72 jam sebelum digunakan, mengapa demikian? karna proses ini sangat penting untuk membunuh kuman atau virus yang mungkin masuk ke bahan hand sanitizer saat pembuatan.


Cara Membuat Hand Sanitizer GEL

Bahan yang dibutuhkan:
  • ½ Cangkir Gel dari lidah buaya atau aloe Vera
  • 15 tetes essential oil (anda bisa menggunakan tea tree oil, lavender oil, atau eucalyptus oil)
  • 1 Cangkir dengan kandungan alkohol isoprofil 99% (alkohol gosok)
Cara Pembuatannya:
  1. Masukan alkohol ispropil tersebut ke dalam mangkuk yang bersih.
  2. Tambahkan gel lidah buaya, Gel ini berfungsi guna menghaluskan kulit dari efek yang disebabkan oleh alkohol, Komposisi yang baik digunakan untuk takaran lidah buaya dan alkohol adalah 2:1.
  3. Masukan Esential oil, esential oil ini sangat bersifat anti bakterial dan dapat membunuh kuman.
  4. Aduh semua bahan tadi
  5. Setelah itu silahkan masukan kedalam botol atau tempat yang akan digunakan untuk menyimpan hand sanitizer tersebut, namun ingat tunggu terlebih dahulu 72 jam sebelum hand sanitizer tersebut digunakan.

Cara Membuat Hand Sanitizer Semprot / Spray

Bahan yang dibutuhkan: 
  • 1 sdm hidrogen peroksida / H202 (3-6%)
  • 2 sdt gliserol atau gliserin
  • ¼ cangkir Air distilasi
  • 1 ⅔ cangkir 99% isopropil alkohol (alkohol gosok)
  • Botol type sray atau semprot guna menyimpannya
Cara membuat:
  1. Campurkan alkohol dengan gliserol, Gliserol tersebut berfungsi sebagai Bahan yang akan menghaluskan dan mengeringkan kulit dari alkohol. Namun, pastikan agar selalu membuat tangan dalam posisi lembab dengan menggunakan lotion atau moisturizer setelah penggunaan hand sanitizer.
  2. Tambahkan hidrogen peroksida dengan air distilasi, Jika kadar kandungan alkohol lebih rendah dari 99% maka gunakanlah lebih sedikit air distilasi. Hidrogen peroksida dapat membantu membunuh bakteri yang melekat pada materi saat proses pengerjaan.
  3. Aduk hingga merata
  4. Tuangkan hand sanitizer yang sudah dibuat tersebut ke dalam botol semprot. Tunggu minimal 72 jam sebelum digunakan.
Begitulah langkah dan cara pembuatan hand sanitizer sendiri dengan mudah, Kamu bisa membuat keduanya atau memilih salah satu, ingat silahkan untuk menggosokan tanganmu selama 30-60 detik lebih bagus hingga kering guna memastikan kuman yang anda pada tangan anda terbunuh.
Referensi : Tokopedia.com

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Hand sanitizer Sendiri dengan mudah"

Berlangganan via Email