Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Daftar Kartu Prakerja terbaru 2020

Pemerintah kini mengeluarkan program kartu prakerja, kartu prakerja ini adalah bantuan yang diberikan pemerintah untuk biaya latihan guna untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran penerima yang berusia mulai dari 18 tahun ke atas dan tidak sedang melaksanakan sekolah ataupun sedang melaksanakan kuliah, Bantuan ini hanya diberikan sekali saja seumur hidup bagi peserta yang mendaftar, Kartu ini bertujuan untuk mengembangkan skill kompetensi angkatan kerja serta dapat meningkatkan produktivitas daya saing kerja.

Cara Pendaftaran Kartu Pra Kerja
Lalu bagaimana cara mendaftar kartu prakerja secara online, sebelum melakukan perdaftaran silahkan simak syarat dan ketentuannya.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar kartu prakerja

1.Data diri lengkap dan seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai KTP
2. Nomor telepon yang aktif
3. Email yang akan digunakan dan masih aktif
Syarat Kartu Pra-Kerja:
1.Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki usia minimal 18 tahun pada saat mendaftar.
2. Tidak sedang aktif mengikuti pendidikan.
Dikarenakan situs ini baru saja membuka pendaftaran, maka anda harus sering mengunjung situs www.prakerja.go.id, Para pekerja formal ataupun informal dapat juga mendaftarkan diri untuk mendapatkan kartu Pra Kerja.
Sebelum mendapatkan Kartu Prakerja dari pemerintah, anda harus mengetahui cara daftar kartu Pra Kerja secara online terlebih dahulu. Sebelum mendaftar anda harus terlebih dahulu memiliki akun pra kerja terlebih dahulu. Proses mendaftarnya pun sangatlah mudah. Anda bisa menggunakan alamat email dan nomor telepon yang aktif. Saat melakukan pendaftaran, anda wajib mengisi data sesuai informasi yang benar di situs resmi. salah satunya seperti dan dan data sesuai yang tertera pada KTP.
Berikut ini cara membuat akun pendaftaran kartu pra kerja di laman resmi prakerja.go.id :
1. Masukkan nomor telepon atau anda bisa menggunakan alamat email yang masih aktif.
2. Klik tombol daftar
3. Kemudian Klik tombol Verifikasi.
4. Tunggu kode verivikasi yang dikirim ke alamat email atau nomer telepon yang digunakan saat mendaftar, Lalu masukan kode tersebut.
5. Jika sudah selesai, Maka anda sudah memiliki akun yang siap di daftarkan untuk mendapatkan kartu Pra Kerja.

Mendaftarkan Akun Kartu Pra Kerja

Setelah proses membuat akun berhasil, selanjutnya anda bisa langsung mendaftarkan diri. Berikut adalah cara daftar Kartu Pra Kerja secara online lewat situ web www.prakerja.go.id :
1. Setelah memiliki akun, kini anda tinggal login akun, dan mulai mendaftar Kartu Pra Kerja.
2. Setelah itu, Silahkan anda mendaftarkan diri sesuai sesuai data yang anda miliki di formulir yang disediakan.
3. Lalu, silahkan klik selanjutnya.
4. Setelah itu, Anda harus mengisi tes kemampuan dasar yang disediakan.

5. Kemudian, klik tombol selesai.
6. Setelah beres melakukan mengisi formulir pendaftaran dan tes kemampuan dasar, kamu (peserta)  akan menerima notifikasi lewat akun kamu yang sudah terdaftar.
Setelah itu, anda bisa memeriksa status pendaftaran Pra Kerja yang sudah dilakukan tadi di situs www.prakerja.go.id , Anda hanya tinggal login dan cek status pendaftaran yang sudah kamu ikuti.

Memilih Pelatihan

Setelah anda berhasil memiliki kartu Pra Kerja, Kini anda bisa mengikuti pelatihan yang disediakan oleh pemerintah, dan pemerintah akan memberikan uang intensif sebagai biaya yang dapat digunakan pada masa mengikuti pelatihan.

Pelatihan bisa dilakukan secara online maupun offline tergantung pilihan pemilik kartu Pra Kerja.  Pelatihan dapat diikuti dapat dipilih lewat plaform digitar mitra, seperti Tokopedia, Ruang Guru, Bukalapak, dan lainnya. Anda akan mendapatkan saldo non tunai yang akan dikirim melalui platform OVO, Link Aja dan Bank Negara Indonesia atau BNI.
Setelah pendaftaran kartu pra kerja selesai di laman prakerja.go.id, Kini peserta harus memilih pelatihan yang akan diikuti, Peserta bisa memilih jenis pelatihan melalui layanan SISNAKER lalu membayar pelatihan dengan menggunakan biaya yang sudah ada yang didapat dari saldo Kartu Pra Kerja.

Mengikuti Pelatihan

Setelah memilih jenis latihan yang akan diikuti, anda tinggal mengikuti pelatihan baik secara online ataupun secara offline. Setelah pelatihan selesai anda bisa mendapatkan sertifikat dari lembaga sesuai jenis pelatihan yang anda ikuti.
Demikian cara daftar Kartu Prakerja 2020 Semoga bermanfaat.