Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kelebihan yang Ada Pada Sistem Operasi Linux yang Unix

Kelebihan Sistem Operasi Linux yang Unix

Probskomputer - Linux adalah sebuah Unix-jenis sistem operasi awalnya dibuat oleh Linus Torvalds dengan bantuan dari pengembang di seluruh dunia. Dikembangkan di bawah GNU General Public License, kode sumber untuk Linux tersedia secara bebas untuk semua orang.

Ada banyak Varian dari Linux yang di kembangkan di seluruh dunia sebagai Sistem operasi yang Free dan Open source yang sering di kenal dengan Istilah FOSS (Free/Open Source Software).

Saat ini Linux merupakan sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial (misalnya Windows 9.x/NT/2000/ME).

Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Hal ini dapat dimungkinkan karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang. Keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan, pengalaman serta geografis. Agar kelompok ini dapat berkomunikasi dengan cepat dan efisien, internet menjadi pilihan yang sangat tepat.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan atau kelebihan yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan LINUX:

1. Linux adalah Operating System (OS) yang bebas dan terbuka. Sehingga tidak perlu biaya, lisensi, ataupun crack untuk mendapatkannya, serta kita bebas mengutak-atik isinya.

2. Linux gampang dioperasikan serta tampilannya lebih menarik, mengikuti perkembangan.

3. Hampir semua aplikasi yang ada di windows, di linux juga sudah ada, atau paling tidak ada software emulator yangg bisa membantu. Contohnya aplikasi wine yang bisa menjalankan file ekstensi .exe.

4. Memiliki tingkat keamanan yang lebih baik di banding windows, karena di desain multi user. Jika salah satu user kena virus, user yang lain tidak terjangkit virusnya. Cocok untuk komputer dengan spesifikasi minimal karena Linux membutuhkan resource yang lebih kecil dari Windows. Selain itu hampir semua distro populer menyediakan versi 32 bit maupun 64 bit.

6. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasi UNIX lebih stabil sehingga jarang terjadi hang.

7. Linux memiliki kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty). Perangkat keras yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik di atas Linux. Termasuk dukungan pada softwarenya.

8. Linux/UNIX menyediakan servis untuk membuat, memodifikasi program, proses dan file.

9. Linux/UNIX adalah salah satu sistem operasi yang termasuk ke dalam kelas sistem operasi yang dapat melakukan multitasking. Multitasking sendiri adalah keadaan dimana suatu sistem operasi dapat melakukan banyak kerjaan pada saat yang bersamaan.

10. Linux juga dapat mendukung multiuser. Yaitu sistem operasi yang pada saat bersamaan dapat digunakan oleh lebih dari satu user yang masuk ke dalam sistem. Bahkan untuk Linux juga mendukung untuk multiconsole dimana pada saat bersamaan di depan komputer langsung tanpa harus melalui jaringan dan memungkinkan lebih dari satu user masuk ke dalam sistem.

Sekarang ini, banyak aplikasi Linux yang dapat digunakan untuk keperluan kantor seperti untuk spreadsheet, word processor, database dan program editor grafis yang memiliki fungsi dan tampilan seperti Microsoft Office, yaitu Star Office.

Selain itu, juga sudah tersedia versi Corel untuk Linux dan aplikasi seperti Matlab yang pada Linux dikenal sebagai Scilab. Selain itu LINUX memiliki komunitas yang besar dan beragam di seluruh dunia serta banyak ragam pilihannya, seperti Ubuntu, debian, redHat, dll.

Smoga bermanfaat.