Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan Access Point

Probskomputer - Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan Access Point

hallo guys disini kami mau menjelaskan tentang access point


Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transciver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari client remote.

Ini ada beberapa Devinisi tentang Access Point (AP).

1. Wireless Access Point (WAP/AP) adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan alat-alat dalam suatu jaringan dari dan jaringan wireless.

2. Router dan Access Point (AP) adalah dua fungsi peralatan jaringan yang bekerja bahu membahu membentuk unit pemancar signal wifi.

3. Access Point adalah HUB bagi jaringan wireless baik itu diruangan, maupun jaringan diluar kota.

Fungsi dari Bagian-bagian yang Terdapat Dalam Access Point

  1. Antena : berfungsi untuk memancarakan dan memperluas jaringan wifi atau wireless semakin banyak antena maka semakin cepat pula kita dalam mengaksesnya.
  2. Tombol Reset : Tombol yang digunakan untuk mereset perangkat access point kita dan juga termasuk kedalam mereset password wifi dan password dari jaringannya sendiri.
  3. Disini terdapat Port yang akan digunakan untuk menghubungkan akses internet atau kabel dari telkom.
  4. Disini terdapat 4 Port yang bisa digunakan sebagai penghubung antar komputer atau nirkabel ke jaringan.
  5. Tombol ini berfungsi untuk men-on dan off Access Point.

Jenis-Jenis Access Point

Access Point Indoor

Adalah Access Point yang biasa digunakan dalam ruangan dan daerah cakupannya tidak terlalu jauh (sempit) biasanya Access Point ini terdapat di cafe,warnet dan lainnya.

Access Point Outdoor

Adalah Access Point yang berada diluar ruangan dikarenakan daerah cakupannya yang cukup luas Access Point jenis biasanya terdapat diKampus, Gedung,  dan lainnya.

Access Point Router

Adalah Access Point yang dapat digunakan seperti Access Point out & in door tetapi Access Point ini kebanyakan digunakan  untuk membuat Server-Client.

Keuntungan sistem Access Point (AP)

a. Untuk sistem AP dengan melayani banyak pc tentu lebih mudah pengaturan dan komputer client dapat mengetahui bahwa disuatu ruang ada sebuah hardware atau komputer yang memancarkan signal Access Point untuk masuk ke dalam sebuah network.

b. Bila menggunakan hardware khusus, maka tidak diperlukan sebuah pc berjalan 24 jam untuk melayani network.

c. Ini keuntungan yang terakhir sistem security pada model Access Point lebih terjamak.

Kelemahan sistem Access Point (AP)

a. Jaringan wireless secara umum dapat dibagi menjadi 2 yakni kelemahan pada konfigurasi dan kelemahan pada jenis enkripsi yang digunakan WEP (Wired Equivalent Privacy).

Segitulah ulasan saya tentang Access Point ini jika ada kekurangan atau kesalah silakan diberitahu dikolom komentar.TerimaKasih.

SUMBER :/YAVI ROMADHON XI TKJ