Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara cek BLT guru Honorer dan PTK non PNS dengan Mudah

Cara cek BLT guru Honorer dan PTK non PNS dengan Mudah - Kementrian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) dan kemanaker akan memberikan bantuan subsidi gaji (BSU) kepada guru honorer sebanyak 1,9 Juta orang. Namun berbeda dengan guru agama mereka akan diberi bantuan oleh kemenag.



Bagaimana Cara cek BLT guru Honorer dan PTK non PTS?.

Sebenarnya bantuan ini merupakan pengalihan dari dana BLT BPJS ketenagakerjaan yang dikatakan tidak lolos validasi data. Bantuan ini tidak hanya diberikan kepada guru honorer melainkan juga diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) non PNS.

Para guru honorer akan mendapatkan BLT sebesar Rp600 ribu selama 4bulan.

Syarat Penerima BLT Rp2,4 juta bagi guru honorer dan guru agama:

  • Guru atau PTK harus terdaftar didalam data pokok pendidikan (DAPODIK) dan pangkalan tinggi (PDDikti) per akhir juni 2020.
  • Bantuan ini diberikan untuk guru honorer dan PTK non PNS lainnya yang belum mendapatkan subsidi upah dari program pemerintah, Yang dimaksud adalah subsidi gaji untuk peserta BPJS ketenagakerjaan
  • penerima bantuan ini adalah PTK yang tidak masuk dalam program kartu prakerja dan Banpres UMKM.
  • PTK yang akan mendapatkan BLT adalah yang gajinya dibawah Rp5 juta ke bawah.
  • Pengajar juga harus tercatat aktif mengajar pada semester I 2020-2021 pada Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Simpatika) Kemenag.

Cara Cek BLT untuk guru honorer dan PTK non PNS

Sekedar informasi bahwa INFO GTK ini adalah info validasi data guru yang memiliki fungsi membantu guru untuk menampilkan data dari sekolah, jika data tersebut memiliki kesalahan, Untuk proses perbaikannya yaitu melalui aplikasi dapodik yang dimiliki masing masing sekolah.

Sebelumnya agar bisa mengakses info GTK, silahkan gunakan akun yang sudah diverifikasi:

  1. Pastikan anda menggunakan akun email yang aktif.
  2. Jangan menggunakan email milik orang lain karna hal ini tidak diperkenankan.
  3. Pengaturan ulang akun dapat dilakukan melalui Manajemen dapodik.

Setelah Setelah masuk di laman info.gtk.kemdikbud.go.id. Jika ada tampilan tabulasi di bagian paling bawah tertulis Pembayaran insentif guru bukan PNS. Jika Anda masuk daftar calon penerima maka tampilannya akan seperti di bawah ini :


  • Dalam daftar tersebut tercantum nama bank penyalur misalnya BRI namun di dalam tabulasi tersebut belum ada nama cabang banknya dan nominalnya belum tertera.
Sekian tutorial cara Cek BLT guru honorer dan PTK non PNS dengan Mudah, semoga bermanfaat.