Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kolektor Finance : Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab

Kolektor Finance : Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab


zetroenter.com - Pada artikel sebelumnya kita telah membahas bagaimana Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab CMO diperusahaan pembiayaan atau lebih dikenal perusahaan Finance. Pada kesempatan kali ini mari kita bahas pengertian, tugas dan tanggung jawab kolektor Finance

Apa itu Kolektor (Collector) Finance

Secara umum dan mudah dipahami, Kolektor adalah seorang yang memiliki tugas untuk mengumpulkan dana hingga melakukan penagihan kepada konsumen. Biasanya kolektor akan menagih melalui telepon atau dapat mendatangi rumah konsumen yang bersangkutan, dan menagih angsuran sesuai SOP perusahaan. 

Tugas dan Tanggung Jawab Kolektor

Seperti yang telah dijelaskan diatas, kolektor memiliki tugas sebagai penagih angsuran jikalau konsumen yang bersangkutan sedang mengalami keterlambatan atau penunggakan angsuran. Tugas-tugas kolektor antara lain adalah : 

  1. Tugas utama adalah melakukan penagihan terhadap konsumen yang mengalami penunggakan angsuran. 
  2. Harus mampu memenuhi target sesuai ketentuan perusahaan dalam melakukan penagihan pada konsumen. 
  3. Melakukan negosiasi dan melakukan kesepakatan dengan konsumen yang bersangkutan, mengenai penyelesaian penunggakan. Kolektor dapat membuat janji dengan konsumen, dengan memberikan waktu pembayaran angsuran sehingga kolektor dapat mempertanggung jawbakan pada perusahaan pada saat meeting rutin. 
  4. Memberikan informasi atau mengingatkan konsumen terhadap angsuran. Ini sebagai antisipasi supaya konsumen tidak lupa dengan angsurannya, hingga terjadinya keterlambatan higga penunggakan. 
  5. Melakukan penyitaan aset konsumen, jika konsumen tidak membayar angsuran selama waktu limit yang ditentukan. Mungkin hal ini sudah sering kita lihat dimana-mana, misalnya penarikan motor, mobil, hingga penyitaan aset property. Hal ini sebagai bentuk antisipasi misalnya ada konsumen melarikan diri dengan membawa barang yang masih kredit yang tentu akan merugikan perusahaan. 

Mungkin dengan melihat cara kerja kolektor diatas sangatlah mudah. Padahal tugas kolektor tidak semudah yang dibayangkan, apalagi memiliki tanggung jawab yang besar dalam hal penagihan angsuran pada konsumen yang telah menunggak. Hal ini akan lebih merepotkan ketika konsumen yang bersangkutan nekat untuk membawa lari barang yang belum dilunasi, atau sampai melakukan kekerasan saat proses penarikan barang. 

Skill Yang Harus Dimiliki Kolektor Finance

Adapun beberapa keahlian atau skill yang harus dimiliki kolektor, antara lain : 
  • Memiliki skill komunikasi yang baik.
  • Memiliki kemampuan negosiasi yang baik, yang berguna saat melakukan negosiasi dengan konsumen yang bersangkutan.
  • Tahan banting alias mampu bekerja dibawah tekanan
  • Dapat mengendalikan situasi saat berhadapan dengan konsumen.
  • Memiliki sikap yang tegas.
  • Kolektor Finance harus mampu mengejar target sesuai yang ditentukan oleh perusahaan.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai pengertian, tugas dan tanggung jawab seorang kolektor di perusahaan Finance. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan gambaran umum bagaimana peran kolektor dalam perusahaan, khususnya dalam memahami tugas dan tanggung jawabnya. 

Posting Komentar untuk "Kolektor Finance : Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab"

Berlangganan via Email