Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Tips Membayar Hutang Yang Menumpuk Dengan Cepat

Tips Membayar Hutang Yang Menumpuk Dengan Cepat


Zetroenter.com - Hampir setiap orang pernah melakukan hutan, baik di kalangan orang bawah, menengah hingga golongan atas sekalipun. Terkadang ada kalanya kita membutuhkan sejumlah uang secara mendadak, atau bisa jadi karen finansial keluarga sedang menurun hutang adalah jalan terbaik untuk menghidupi keluarga. 

Hutang bukan suatu yang buruk, yang buruk adalah hutang namun tidak memiliki nuat untuk membayar dan merugikan orang yang memberi hutang. Setiap orang yang berhutang wajib melusasinya, ini sebuah kewajiban yang tidak boleh dilupakan. 

Namun, ada masanya hutang itu sulit dibayar atau dilunasi karena banyak faktor, salah satunya adalah faktor "Gali lubang tutup lubang" karena memiliki hubungan hutang dengan orang lain atau perusahaan layanan kredit. 

Nah, untuk mengatasi hal tersebut pada artikel kali ini omiska.com akan memberikan tips membayar hutang yang menumpuk dengan cepat dan cara yang jitu. 


1. Buat List Hutang

Membuat list atau daftar hutang ini adalah tahap awal yang akan memudahkan membayar hutang yang lebih terarah. Anda dapat membuat daftar hutang dan menuliskan hutang yang perlu diprioritaskan berdasarkan waktu berada pada daftar teratas. Dengan begitu anda dapat dengan mudah untuk mengetahui hutang mana yang lebih didahulukan untuk dibayar, supaya tidak melewati tempo yang ditentukan. 


2. Stop Menambah Hutang Baru

Di posisi sedang banyak berhutang dimana-mana, coablah untuk menahan diri untuk berhutang untuk melunasi hutang yang ada. Ini bukan jalan yang tepat dan anda akan terjebak lebih lama disini. Ini juga akan membuat kehidupan anda dipenuhi dengan masalah hutang secara terus menerus, dan membuat anda susah untuk menabung dan membeli barang yang anda inginkan. 


3. Menjual Barang Bekas

Dalam situsasi genting, atau memiliki niat untuk bebas dari semua hutang, mungkin menjual barang bekas adalah salah satu saran yang tepat. Barang bekas yang dimaksud adalah barang yang tidak lagi digunakan atau jarang digunakan atau suatu barang yang jumlahnya lebih dari satu. Misalnya sepeda, tv, laptop, monitor komputer dan lain sebagainya. 


4. Mencari Pemasukan Yang Lain

Tips melunasi hutang yang menumpuk berikutnya adalah dengan mencari sumber pemasukan yang lain. Mungkin gaji bulanan anda tidak dapat menutup semua hutang yang ada, namun dengan memiliki sumber pemasukan yang lain akan memudahkan ada dalam membayar hutang yang telah menumpuk. Anda dapat memulai bisnis kecil-kecilan atau memiliki pekerjaan sampingan, namun jangan lupa jaga kesehatan juga ya!

5. Melakukan Over Kredit

Jika anda merupakan sedang dalam masa menutupi angsuran setiap bulannya, dan keadaan finansial anda terus menurun. Sebaiknya lakukan over kredit untuk mengurangi beban hutang, dan dari sana juga anda dapat tambahan untuk membayar hutang. Lakukan penawaran over kredit melalui marketplace di Facebook atau situs E-commerce seperti OLX dan lain sebagainya. Disini anda dapat menentukan berapa harga yang perlu dibayar oleh calon yang ingin melaukan over kredit, untuk melanjutkan penutupan angsuran hingga lunas. 

Itulah beberapa tips membayar hutang yang menumpuk dengan cepat dan terarah. Smeoga artikel ini dapat membantu anda memberikan ide atau solusi, untuk dapat memudahkan anda melunasi hutang yang kian menumpuk.