Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Skill Dasar Yang Harus Dimiliki Oleh Business Analyst (Bisnis Analis)

 

Business Analyst

zetroenter.com - Seperti namanya, Business Analyst atau bisnis analis adalah seorang yang bertugas yang mampu menganalisa dan bertanggung jawab dalam menjembatani kesejangan diantara bisnis dan teknologi informasi. Business Analyst ini sangat berperan aktif didalam suatu perusahaan-perusahaan besar. 

Biasanya, dalam menjalankan pekerjaannya seorang Business Analyst memiliki keakraban dalam bidang teknologi informasi. Walaupun tidak semua Business Analyst dilatar belakangi bidang IT dan minim pengetahuan, setidaknya mereka memiliki pemahaman secara umum mengenai cara kerja sebuah sistem, alat-alat IT maupun produk. Karena pemahaman bidang IT ini kemudian akan memudahkan seorang Business Analyst dalam menganalisis permasalahan dalam sebuah bisnis / perusahaan. 

Tidak sembarangan, seorang Business Analyst memerlukan keterampilan dan skill yang mumpuni. Business Analyst harus mampu menganalisis dan membuat laporan data secara sepesifik kemudian membagikan informasi yang didapat kepada orang yang berkaitan untuk diterapkan. 

Adapun skill yang harus dimiliki seorang Business Analyst yakni : 


1. Komunikatif

Karena berkaitan dengan penyamapaian informasi dari analisa yang dilakukan, seorang Business Analyst harusnya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan mampu memastikan apakah pendengar dapat memahami yang dimaksud atau tidak. 


2. Pemahaman Visual Yang Baik

Seorang Business Analyst harus mampu memvisualisasi atau menggambarkan solusi untuk sebuah masalah yang dihadapi. Tentu solusi terbaik yang didapat berdasarkan dari analisa yang telah dilakukan sebelumnya. 


3. Memecahkan Masalah

Selain kemampuan komunikasi dan  pemahaman visual, Business Analyst juga mampu memecehkan masalah. Memecahkan masalah merupakan tugas yang amat krusial bagi seorang Business Analyst. Karena tugasnya menganalis, maak seorang Business Analyst mampu merekomendasikan solusi yang terbaik berkaitan dengan tugasnya. 


4. Pengetahuan Teknis

Seperti yang kita bahas diatas, seorang Business Analyst seharusnya memiliki kemampuan teknis dibidang teknogi. Pengatahuan ini berguna karena seorang Business Analyst bekerja sebagai jembatan antara teknologi dan bisnis. 

Pengetahuan teknis yang seharusnya dimiliki oleh Business Analyst seperti Testing skill yang berguna untuk melakukan pengujian dalam project, Bahasa pemrograman (C++, Java, Visual Basic, PHP), pengetahuan tentang berbagai jenis Database (SQL server, MS Access, MySQL), pengembang perangkat lunak (software) yang akan membantu mengetahui proses yang akan dilalui dan akan menjadi pertimbangan dalam perencanaan analisa bisnis. 


5. Kemampuan Analisis

Tentu point ini adalah yang paling penting dan harus dimiliki seorang Business Analyst. Kemampuan analisa ini berguna dalam menafsirkan, memahami, dan menyimpulkan untuk kebutuhan bisnis. 


6. Dokumentasi

Business Analyst tidak lepas dari laporan analis yang akan dibagikan kepada orang yang terkait. Seorang Business Analyst harus mampu merangkum laporan perencanaan bisnis, dan berbagai jenis detail analisis untuk bisnis. 


Akhir kata, itulah beberapa skill yang harus dimiliki oleh seorang Business Analyst. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu dalam mengetahui dan memahami skill apa saja yang seharusnya dimiliki oleh seorang Business Analyst. 

Dengan demikian bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan pada posisi ini, dapat mempersiapkan diri dan menyiapkan skill-skill dasar yang sangat berguna untuk menunjang karir yang lebih baik lagi kedepannya. 

Posting Komentar untuk "6 Skill Dasar Yang Harus Dimiliki Oleh Business Analyst (Bisnis Analis)"

Berlangganan via Email