Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Tips Aman Meninggalkan Rumah Disaat Liburan Tahun Baru

Tips Aman Meninggalkan Rumah Disaat Liburan

zetroenter.com - Gak terasa sudah akhir tahun, banyak orang yang ingin liburan bersama keluarga menjelang tahun baru, baik itu liburan ke kampung halaman, maupun liburan ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. 

Namun, bagaimana denga rumah yang ditinggalkan? aman kah? mungkin bagi sebagian besar orang akan kepikiran mengenai keamanan rumah yang dtinggalkan selama liburan. Maka dari itu, sebelum pergi liburan perhatikan hal-hal berikut supaya rumah tetap aman dan bebas dari was-was. 


1. Memastikan Semua Akses Masuk Dikunci

Ini merupakan hal yang paling utama yang harus diperhatikan, sebelum pergi liburan priksa dulu semua akses masuk seperti pintu maupun jendela dan pastikan semua dlaam keadaan terkunci. Namun bagi sebagian orang, membiarkan ventalasi udara yang memiliki mekanisme yang dapat dibuka tutup tetap dibiarkan terbuka untuk memperbarui udara didalam rumah. Mungkin hal ini ada benarnya juga, namun pada saat ini sebaiknya lupakan itu karena celah sekecil apapun dapat dimanfaatkan oleh pencuri. 

Pastikan semua rumah puntu rumah, jendela, bahkan ventalasi udara dalam keadaan terkunci dan bila perlu gunakan kunci ganda pada pintu-pintu tertentu. 


2. Mengamankan Barang Berharga

Jika kamu pergi liburan dan meninggalkan rumah, lalu bagaimana barang-barang berharga yang ikut tinggal di rumah?

Nah, supaya barang-barang berharga tetap aman, kamu dapat menempatkan ditempat yang paling aman yang tidak dapat dijangkau oleh pencuri. Misalnya ruang rahasia di tempat-tempat tertentu, atau ditempat-tempat yang tidak mencurigakan. Jika kamu memiliki banyak simpanan emas, kamu dapat menyimpannya dengan brankas yang diberi kode untuk memberikan keamaan yang ekstra. 


3. Pastikan Semua Aliran Listrik Dicabut dan Tabung Gas

Sebelum berpergian, sebaiknya cabut semua kabel-kabel diseluruh stopkontak yang ada didalam rumah maupu diluar rumah (teras). Hal ini berguna untuk menminimalisir terjadinya korsleting yang akan menyebabkan kebakaran. Pastikan juga regulator tabung gas dalam keadaan tercabut dari tabung gas untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. 


4. Tetap Menyalakan Lampu Rumah

Dengan menyalakan lampu dirumah akan membuat maling tidak menyusup kerumahmu karena mengira rumah masih ada orang. Walaupun ini merupakan tindakan yang boros listrik, namun cara ini cukup efektif untuk membuat maling tidak masuk kerumah dikarenakan masih ada orang. 


5. Jauhkan Barang-barang Elektronik Dari Jangkauan Orang Asing Dari Luar

Tips berikutnya adalah menjauhkan semua barang elektronik dari tempat-tempat yang dapat dijangkau dari luar, seperti jendela kaca. Namun lebih baik lagi, gunakan tirai tebal untuk mennutup jendela guna supaya orang luar tidak dapat melihat isi dalam rumah. 

6. Katakan Pada Tetangga Bahkan Kamu Akan Berpergian

Sebelum meninggalkan rumah, ada baiknya beritahu beberapa tetangga sekitar bahwa kamu akan meninggalkan rumah selama liburan. Ini berguna supaya tetangga sesekali memantau, dan jika terdengar ada keanehan maka tetanggalah yang akan memeriksa langsung ke area rumah. 

Jika tetanggamu merupakan orang yang dipercaya, kamu dapat menitip kunci dengan begitu rumahmu semakin terjamin keamanannya. Karena "CCTV terbaik adalah tetangga" benar begitu? 


7. Pasang Alarm Anti Maling

Jika kamu memiliki anggaran, memasang alarm anti maling juga ide yang cukup brilian. Ini juga akan memudahkan tetangga mengetahui jika ada maling yang masuk kedalam rumah. 


Nahm itulah beberapa tips aman meninggakan rumah disaat liburan tahun baru. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dengan mengetahui beberapa cara untuk menjaga rumah tetap aman selama ditinggalkan selama liburan. Tidak ada salahnya untuk berusaha, selebihnya kita serahkan kepada tuhan yang maha esa dan selalu berdoa untuk dilindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan yang bersifat merugi. 

Semoga liburan kamu dan keluarga menyenangkan ya !