Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Tips Mengatasi Kejenuhan / Kebosanan Saat Bekerja

 

Tips Mengatasi Kejenuhan / Kebosanan Saat Bekerja

zetroenter.com - Tak dapat dipungkiri, melakukan pekerjaan yang sama atau pekerjaan yang monoton akan membuat para pekerja cepat mengalami kejenuhan atau kebosanan. Apalagi pada saat lagi genting-gentingya, pekerjaan menumpuk, kejar deadline akan membuat pekerja susah menikmati waktu bersantai walaupun beberapa saat. 

Jika anda mengalami hal itu, tak usah khawatir atau merasa anda tidak cocok bekerja dalam posisi yang anda duduki sekarang. Bahkan semua orang (pekerja) pasti pernah mengalami hal yang demikian. Merasa jenuh dan bosan dalam bekerja adalah suatu hal yang wajar. Bahkan saya juga sering mendengar bahkan membaca artikel, dengan pertanyaan "Bagaimana cara mengatasi kejenuhan dalam bekerja?".

Tak perlu mengeluh, tak perlu mengakatakan "saya akan resign" karena mengalami masa-masa kejenuhan. Untuk mengatasi kejenuhan atau kebosanan saat bekerja, mungkin tips-tips berikut ini dapat membantu anda. Check it out !


1. Mengetahui Penyebab Kejenuhan

Ada asap sudah pasti ada api nya, sama hal nya dengan permasalahan ini anda juga harus mengetahui penyebab yang membuat jenuh saat bekerja. Mungkin dikerenakan kerjaan yang menumpuk? waktu kejar deadline terlalu singkat? susasna kantor yang tidak friendly? gaji tidak sesuai? atau hal-hal lain yang memungkinkan.

Nah, setelah mengtetahui suatu penyebab yang membuat anda jenuh, barulah anda menemui titik terang bagaimana mengatasi kejenuhan. Misalnya, jika kejenuhan dikarenakan waktu kerjar deadline yang terlalu singkat, cobalah untuk berkonsultasi dengan atasan, mungkin anda akan diberikan keringanan berupa tambahan waktu, atau bisa jadi pekerjaan yang anda pekerjakan sekarang dapat dipartisi sehingga tidak terlalu memberatkan anda. 


2. Meluangkan Waktu Istirahat Sesaat

Tidak ada salahnya jika karyawan bekerja keras, namun tidak baik juga jika ini sudah menemui titik "Over". Pada saat bekerja, anda harus pandai-pandai membagikan waktu luang di sela-sela dalam melakukan suatu pekerjaan. Bekerja terlalu keras juga akan memaksa otak, yang akan membuat anda cepat menemui titik jenuh dan kemudian akan membuat produktivitas berkurang. 

Disela-sela jam bekerja, cobalah berikan waktu jeda sesaat untuk menikmati secangkir kopi, atau mendengar musik kesukaan untuk merehatkan otak sejenak. Selain itu anda juga dapat keluar dari kantor sesaat, untuk menikmati udara segar yang akan membantu meningkatkan mood bekerja di waktu selanjutnya. 


3. Bekerja Dengan Ikhlas

Jangan jadikan bekerja merupakan kegiatan yang membuat beban hidup anda, tapi cobalah mengiubah pola pikir bekerja merupakan kegiatan yang menyenangkan. Hal ini dapat membuat anda lebih menikmati pekerjaan, dan dapat meminimalisir stress. 

Nikmati, bekerjalah dengan ikhlas, jadikan gaji dan masa depan adalah motivasi utama yang harus anda capai. 


4. Menciptakan Suasana Baru

Pada dasarnya manusia sangat menyukai hal-hal yang baru, termasuk suasana kantor. Misalnya anda bekerja dkantor, cobalah membuat suasana yang baru di meja kerja anda, percaya atau tidak ini akan dapat meningkatkan mood dalam bekerja. 

Misalnya merapikan peralatan-peralatan yang ada di meja kerja, menempatkan foto keluarga diatas meja, bunga artificial, atau mengganti wallpaper desktop dengan wallpaper alam, yang bernuansa hijau. 


5. Memanfaatkan Waktu Weekend Se-optimal Mungkin

Weekend merupakan hari yang sangat dinanti oleh para pekerja, maka sebaiknya manfaatkan waktu weekend seoptimal mungkin sesantai mungkin untuk mengistirahatkan tubuh yang terus bekerja selama 5 hari dalam seminggu.

Anda dapat mengajak keluarga untuk liburan ditempat yang tidak terlalu jauh, misalnya ke pantai, jalan-jalan kegunung atau wisata alam. atau sekedar memanjakan anak-anak bermain ditaman. Lakukan dan pergilah kemanapun yang anda mau seusai dengan isi dompet, optimalkan menggunakan waktu weekend, dan anggap saja anda sedang melakukan Charging untuk semangat kerja. 


6. Berfikir Positif dan Bersyukur

Jangan menganggap kejenuhan sebagai masalah, tetaplah berkomitmen untuk berfikir positif. Saat anda mengalami kejenuhan disaat bekerja, coba renungkan bagaimana orang-orang diluar sana yang masih berusaha mencari kerja, dan sebagian besar dari mereka mendapatkan penolakan. 

Cobalah bersyukur, berfikir positif, dan nikmati perkerjaan anda sedangkan diluar sana masih banyak menginginkan posisi seperti anda bekerja. 


7. Mencari Pekerjaan Baru

Jika beberapa tips diatas tidak dapat membantu anda, atau ada hal lain yang tidak dimengerti oleh orang lain termasuk saya (penulis) yang membuat anda terus-terusan menemui titik jenuh. Misalnya, atasan sering melakukan hal yang tidak menyenangkan, lingkungan kerja yang superburuk dan acuh tak acuh, gaji tidak sepadan dengan pekerjaan, atau alasan-alasan lainnya. Maka sebaiknya, cobalah untuk mencari pekerjaan yang baru, jangan memaksa diri untuk bertahan disana karena hal itu dapat menurunkan produktivitas bekerja dan akan sulit untuk meningkatkan karir. 


Akhir kata, itulah 7 tips mengatasi kejenuham atau kebosanan dalam bekerja. Jadi intinya setiap orang (pekerja) pasti pernah mengalami kejenuhan dalam melakukan suatu pekerjaan, sebenarnya ini bukanlah masalah, jika anda pintar dalam menyikapinya.