Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Tips Mengatasi Rasa Malas Bekerja Dijamin Ampuh

Tips Mengatasi Rasa Malas Bekerja Dijamin Ampuh


zetroenter.com - Setiap orang pasti pernah mengalami rasa malas atau jenuh, rasa malas sulit dihindari bahkan ini juga berlaku bagi orang-orang yang terlihat rajin bekerja. Malas beraktifitas dirumah lebih sepele dibandingkan malas dalam bekerja, malas dalam bekerja akan membuatmu kurang produktif sehingga akan lebih susah mencapai target kerja, menyelesaikan suatu tugas yang diberikan atasan, atau bahkan kurang produktif untuk membuat konten-konten jika kamu adalah seorang content creator.

Namun, apakah rasa malas bekerja ini dapat diatasi? tentu saja bisa jika kamu dapat menyikapinya dengan bijak. Namun, pada kesempatan kali ini zetroenter.com akan memberikan 7 tips mengatasi rasa malas bekerja yang mungkin akan membantu mengatasi permasalahanmu dalam hal malas bekerja. 


1. Hindari Menunda Pekerjaan

Tips Mengatasi Rasa Malas Bekerja


Kebiasaan buruk ini dimiliki hampir oleh semua orang. Menunda pekerjaan disebabkan atas dasar mager, dan ingin menyelesaikan pekerjaan nanti, nanti dan nanti. Biasanya orang-orang yang suka menunda pekerjaan dikrenakan pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan yang sepele, dan dapat dikerjakan kapan saja. 

Namun hal ini bukanlah sesuati yang baik dan terus dituruti. Menunda pekerjaan juga akan membuatmu terbiasa untuk mager, dan lama-lama merasa beban pekerjaan semakin besar. Untuk itu sebaiknya biasakan diri untuk menghindari menunda pekerjaan, lakukan pekerjaan secepat mungkin beristirahatlah kemudian. 


2. Membuat List Pekerjaan

Tips Mengatasi Rasa Malas Bekerja


Percaya atau tidak, membuat list pekerjaan yang akan dikerjakan dalam seharian akan lebih membuatmu termotivasi dalam bekerja. Dengan membuat list pekerjaan satu persatu, akan membuat dirimu tertantang untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. 

Kamu dapat membuat daftar pekerjaan sesuai prosedur kerja, atau jika dapat dikerjakan secara Random kamu dapat membuat list dengan urutan pekerjaan paling mudah hingga paling sulit atau sebaliknya. 


3. Membiasakan Bangun Pagi Lebih Cepat

Tips Mengatasi Rasa Malas Bekerja


Jika kamu merupakan seorang muslim/muslimah yang taat, bangun pagi lebih cepat pasti sering kamu lakukan karena mengerjakan shalat subuh. Namun secara umum, masih banyak orang yang sering bangun pagi lebih telat hingga kesiangan, yang akan membuat tubuh terbiasa malas. Percaya atau tidak bangun bagi lebih awal akan meningkatkan semangat untuk bekerja, dibandingkan dengan orang yang bangun kesiangan. 

Nah, bagi kamu yang terbiasa bangun kesiangan, yuk ubah waktu tidurmu menjadi normal dengan cara menhindari begadang dan tidurlah mulai dari pukul 22.00, ini dapat kamu biasakan supaya kamu tidak lagi kesiangan dan dapat bangun pagi lebih cepat untuk meningkatkan semangat bekerja. 


4. Ketahui Kemampuan Diri

Tips Mengatasi Rasa Malas Bekerja


Kemampuan diri hanya dapat dirasakan atau diketahui oleh diri sendiri. Untuk itu, cobalah untuk mengetahui suatu pekerjaan, pahami, dan perkirakan dalam waktu berapa lama pekerjaan tersebut dapat kamu selesaikan. 

Dengan mengetahui batas kemampuan diri, maka secara tidak sadar kamu akan berusaha untuk menhindari rasa malas dan mencari cara untuk sesegera mungkin menyelesaikan pekerjaan tersebut. 

Lebih baik lagi jika kamu membuat waktu deadline sendiri lebih awal daripada deadline yang diberikan oleh perusahaan, ini akan memacu diri untuk bekerja lebih cepat dan dampak positifnya atasan akan melirikmu dan menganggap kamu adalah salah satu karyawan terbaik, dan berpotensi bisa naik jabatan. 


5. Tidak Mengkonsumsi Makanan Sembarangan

Tips Mengatasi Rasa Malas Bekerja


Makanan yang tidak dijaga, dengan makan sembarangan juga akan memicu rasa malas untuk bekerja. Jika kamu adalah seorang penggemar mi instan, sebaiknya mulai skearang kamu mulai untuk mengurangi untuk mengkonsumsi mi instan. 

Mengkonsumsi mi instan akan memicu rasa malas bekerja, ini dikarekanan tubuh kamu perlu waktu selama berjam-jam untuk mencerna mi instan yang telah kamu makan. Tentu ini akan membuat tubuh cepat lelah, dikarenakan energi masuk tidak sebanding dengan energi keluar karena tubuh terus mencerna min instan. 


6. Memotivasi Diri

Tips Mengatasi Rasa Malas Bekerja


Banyak cara untuk memotivasi diri untuk terus giat bekerja, misalnya mengganti wallpaper dengan gambar mobil favorit yang ingin dibeli, wanita yang ingin dinikahi, ingin melunasi hutang dengan cepat, ingat jasa orang tua, mengingat lelahnya studi sebelum bekerja, dan lain sebagainya. 

Kamu juga dapat melakukan Self-talk atau berbicara dengan diri sendiri dengan cara memberikan sugesti-sugesti yang positif. Misalnya seperti "jika kamu malas, bagaimana kamu bisa membeli itu" , atau "bekerja keraslah, sebentar lagi aku kamu akan memilikinya". 


7. Mengingat Malas = Gagal


Tips Mengatasi Rasa Malas Bekerja


Kebanyakan orang gagal bukan karena dasarnya mereka bodoh, tapi dikarenakan malas. Malahan dari kecil kita sudah sering mendengar " Rajin pangkal Kaya" dan "Malas pangkal Bodoh". Artinya jika kamu turuti rasa malas bekerja, kamu tidak dapat apa-apa melainkan kebodohan karena kamu terus-terusan mau menuruti rasa malas, padahal kamu tahu peluang sukses itu ada ketika kamu giat bekerja. 

Tidak ada yang instan, segala hal butuh usaha dan kerja keras. Jika ingin berhasil, kamu harus mengorbankan waktu, tenaga bahkan pikiran supaya kamu dapat mencapai seluruh target. 

Orang bodoh tapi ia rajin maka akan berpeluang sukses, karena selain bekerja dengan giat yang akan meningkatkan produktifitas, diwaktu yang sama mereka juga akan belajar, mendapatkan informasi terbaru dan juga pengalaman. 

Ingat, Tidak ada pemalas yang sukses!


Akhir kata, itulah 7 tips mengatasi rasa malas bekerja yang mungkin berguna, dan dapat membantu kamu untuk mengatasi rasa malas dalam bekerja. Semoga artikel ini bermanfaat, dan semoga juga dapat menjadi self reminder dan motivasi sehingga kamu dapat lebih giat bekerja, dan dapat menghilangkan kebiasaan-kebiasaan yang memicu rasa malas bekerja. 

Posting Komentar untuk "7 Tips Mengatasi Rasa Malas Bekerja Dijamin Ampuh"

Berlangganan via Email