Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa Itu Aquaplaning Pada Mobil? Begini Penjelasan Dan Cara Mengatasinya

 

Apa Itu Aquaplaning Pada Mobil

zetroenter.com - Aquaplaning adalah dimana kondisi mobil yang mengalami kehilangan traksi (penapakan) pada permukaan jalan, disaat melintasi jalanan yang tergenang air. Kondisi ini biasanya terjadi saat musim hujan tiba karena banyaknya genangan air dimana-mana akibat curah hujan yang terus menerus. Karena permasalahannya pada genangan air, kondisi ini juga dapat terjadi karena adanya tumpahan air dari kendaraan yang lewat. 

Genangan air seperti apa yang menyebabkan mobil mengalami Aquaplaning? 

Genangan air yang menyebabkan mobil rentan mengalami Aquaplaning tidak terlalu tinggi dari permukaan jalan. Genangan air akan membuat lapisan pemisah antara ban mobil dan jalan yang mengakibatkan ban kehilangan kontak sesaat pada jalan. 

Basically, permukaan ban mobil akan selalu dapat menapak diatas permukaan jalan, tentu ini disebabkan dengan ukuran bobot mobil. Dalam hal lain, mobil memiliki bagian kolong yang akan dialiri oleh angin sata bergerak maju, angin yang mengalir di kolong mobil akan mengakibatkan daya angkat pada mobil. Inilah awal mula penyebab terjadinya Aquaplaning yang akan membuat mobil sulit untuk di kontrol karena ban mobil mengalami kesulitan untuk menapak di jalan.

Apa yang terjadi jika mobil mengalami Aquaplaning ? 

Saat mobil mengalami Aquaplaning, pengemudi mobil akan mengalami kehilangan kontrol pada mobil dikarenakan lemahnya traksi. Hal ini juga berdampak pada pengereman yang relatif kurang responsif yang rentan mengakibatkan kecelakaan. 


Baca juga : Manfaat CCTV Jakarta dalam Penerapan Smart City


Bagaimana cara mengatasi saat Aquaplaning ? 

  1. Tetap fokus pada keadaan, dan jangan panik
  2. Dalam kondisi ini, cobalah jangan menginjak pedal apapun, anda dapat melepas semua sentuhan pedal dikaki secara perlahan. 
  3. Usahakan dapat mengontrol setir kemudi supaya tidak memutar dengan cepat.
  4. Untuk mendapat kontrol kembali pada mobil, cobalah untuk mengikuti arah pergerakan mobil.
  5. Ketika telah mendapatkan kontrol kembali, cobalah menginjak pedal rem secara perlahan guna untuk mengurangi laju kecepatan. 
Akhir kata, itulah pengertian Aquaplaning pada mobil yang mungkin istilah ini masih asing oleh kebanyakan orang. Semoga artikel ini bermanfaat, dan dapat membuat anda lebih waspada dan dapat bertindak sesuatu disaat mobil sedang mengalami Aquaplaning pada saat musim hujan seperti ini. 

Posting Komentar untuk "Apa Itu Aquaplaning Pada Mobil? Begini Penjelasan Dan Cara Mengatasinya"

Berlangganan via Email