Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Daftar Blog Ke Google Webmaster Dengan Mudah

 

Cara Daftar Blog Ke Google Webmaster

zetroenter.com - Pas awal mula terjun ke dunia blogging, pasti kamu sering mendengar dengan istilah Google Search Console (GSC) atau lebih familiar dengan Google Webmaster. Kamu tau gak itu apa? 

Bagi kamu yang belum tau apa itu, Google Webmaster adalah suatu situs yang memungkinkan pemiliki blog untuk melihat kinerja atau performa dalam waktu tertentu. Google Webmaster juga memungkinkan pemilik blog untuk melihat kata kunci mana saja yang sering digunakan untuk menemukan situs yang dimiliki, dapat melihat broken link, dan manfaat Google Webmaster lainnya yang sangat berguna untuk memonitoring blog. 

Melihat banyak manfaat Google Webmaster untuk blog, maka mendaftarkan blog ke Google Webmaster merupakan hal yang wajib. Google Webmaster juga akan membuat blog maupun artikel lebih mudah terindex dan mudah dicari oleh pengguna internet. 

Nah, untuk itu omiska.com akan berbagi tutorial kepada teman-teman blogger cara daftar blog ke Google Webmaster dengan mudah. Check it out !!

Pertama-tama kunjungi dulu situs Google Search Console, maka tampilannya akan seperti dibawah ini, Jadi teman-teman cukup klik Start Now.


Cara Daftar Blog Ke Google Webmaster
Gambar 1


Kemudian setelah masuk halaman pengisian domain maupun subdomain, kamu boleh mengisi salah satu pilihan dibawah ini. Kamu boleh mengisi Domain dulu maupun URL Prefix yang dapat diisi belakangan, atau seballiknya juga tidak masalah. 

Cara Daftar Blog Ke Google Webmaster
Gambar 2

Dalam tutorial kali ini, aku akan coba mengisi URL Prefix dulu, diisi dengan format yang benar yakni https://www.blogkamu.blogspot.com. Setelah mengisi alamat blog, kemudian klik Continue untuk melanjutkan. Kemudian muncul pemberitahuan Ownership auto verified seperti dibawah ini, Kemudian klik GO TO PROPERTY untuk masuk kedalam  Google Webmaster. 


Cara Daftar Blog Ke Google Webmaster
Gambar 3


Kemudian setelah masuk kedalam Google Webmaster, klik Add Property, kemudian isi dengan alamat Domain yang kamu tinggalkan tadi (coba lihat gambar 2). Untuk mengisi Property Domain, format penulisan URLnya adalah www.blogkamu.blogspot.com (tanpa https://)

Cara Daftar Blog Ke Google Webmaster
Gambar 4


Setelah menambahkan properti, kamu dapat melihat 2 alamat blog kamu dengan 2 versi yang berbeda seperti gambar yang ditunjuk panah merah. 


Cara Daftar Blog Ke Google Webmaster
Gambar 5 


Nah mudah sekali bukan? dengan mengikuti tutorial diatas maka kamu telah berhasil mendaftakan blog kamu ke Google Webmaster. Sekarang saatnya kamu men-submit sitemap  ke Google Webmaster, supaya artikel kamu dapat dengan mudah dirayapi oleh mesin pencari Google dan mudah ditemukan oleh pengguna internet. 

Posting Komentar untuk "Cara Daftar Blog Ke Google Webmaster Dengan Mudah"

Berlangganan via Email