Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Submit Sitemap Ke Google Web Master Dengan Mudah

 

Cara Submit Sitemap Ke Google Web Master

zetroenter.com - Mungkin bagi kamu yang merupakan blogger pemula, pasti sudah tidak asing dengan istilah Sitemap. Kamu juga sering dong mendengar atau membaca di forum, yang menganjurkan untuk men-submit Sitemap di Google Webmaster? Kalian penasaran gak, apa itu Sitemap? 

Sitemap merupakan kumpulan informasi mengenai URL pada sebuah blog, sesuai dengan namanya sitemap ini merupakan Peta Situs yang akan memudahkan mesin pencari untuk mengetahui konten apa saja yang ada didalam blog. Selain itu URL, sitemap juga berisi metadata yang mengenai kapan blog terakhir kali update, kapan blog di update, dan seberapa sering blog di update.

Pada postingan sebelumnya, kita telah membahas bagaimana cara daftar blog ke Google Webmaster. Nah pada kesempatan kali ini, omiska.com akan memberikan tutorial bagaimana cara submit Sitemap ke Google Search Console / Google Webmaster dengan mudah, yang merupakan langkah lanjutan setelah mendaftarkan blog ke webmaster. Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini sob! 

Pertama kamu buka dulu Dashboard Google Search Console / Google Webmaster

Kemudian pilih url yang bukan Domain Property

Setelah memilih url yang bukan Domain Property, pilih Sitemaps


Cara Submit Sitemap Ke Google Web Master

Setelah itu kamu dapat menambahkan : 

  • sitemap.xml 

kemudian klik Submit, jika berhasil maka kamu akan menerima pemberitahuan Sitemap submitted successfully.


Cara Submit Sitemap Ke Google Web Master


Selain itu, kamu dapat menambahkan 2 jenis sitemap lainnya yang berbeda, yakni : 

  • feeds/posts/default?orderby=updated
  • atom.xml

Pada saat kamu mengalami permasalahan dimana Sitemap gagal di Submit, maka cobalah mensubmit Sitemap yang lain, setelah itu cobalah submit kembali jenis Sitemap yang gagal tadi hingga statusnya Success seperti dibawah ini : 

Cara Submit Sitemap Ke Google Web Master

Sebenarnya kamu cukup mensubmit satu jenis Sitemap saja, namun banyak pakar-pakar blogger menganjurkan lebih dari satu jenis Sitemap supaya lebih cepat terindex. Setelah melakuan submit Sitemap, kamu dapat menunggunya hingga beberapa lama maupun hari tergantung jumlah artikel yang ada didalam blog kamu. 

Nah, mudah banget kan sob? sekian dulu artikel ini yang membahas cara submit Sitemap ke Google Search Console. Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya bagi sobat blogger yang masih pemula.