Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CMO : Pengertian, Tugas, dan Tanggung Jawab

 

CMO : Pengertian, Tugas, dan Tanggung Jawab

zetroenter.com - CMO merupakan singkatan dari Credit Marketing Officer, merupakan bagian dari salah satu divisi pada perusahaan Finance, pembiayaan, atau bank.  CMO adalah memiliki peran sebagai seorang marketing yang menawarkan produk perusahaan berupa jasa pembiayaan kredit untuk para calon konsumen. 

Tugas CMO (Credit Marketing Officer)

CMO memiliki tugas untuk mencari konsumen dan melakukan survey pada nasabah dan memastikan kelayakan dan memenuhi syarat-syarat, dan kemudian memprosesnya. 

Selain mencari konsumen dan melakukan survery, CMO juga memiliki tugas untuk memantau angsuran dalam kurun waktu kurang lebih selama satu tahun. Menjaga angsuran dalam waktu tersebut supaya konsumen yang memenuhi syarat saat survey tidak mengalami tunggakan angsuran. 

Tanggung Jawab CMO (Credit Marketing Officer)

1. Bertanggung Jawab Mencapai Target Perusahaan

Seperti yang telah kita bahas diatas, CMO merupakan seorang marketing perushaaan yang memiliki peran yang penting untuk kemajuan perusahaan. CMO akan menawarkan produk berupa jasa secara kredit. CMO akan bertugas mencari konsumen yang ingin membeli barang-barang mahal maupun yang akan membuka usaha. Biasanya perusahaan Finance, mensyaratkan anggunan berupa sertifikat rumah/tanah atau buku penting kendaraan. 

Cara kerjanya perusahaan Finance akan membayar apa yang diinginkan oleh konsumen, misalnya mobil, rumah, atau motor. Kemudian perusahaan Finanance akan mengkreditkan barang yang diinginkan kepada konsumen.

2. Membangun Relasi dengan Dealer / Perorangan

Biasanya CMO akan membangun relasi dengan Dealer, ini disebabkan masyarakan akan membeli barang-barang berupa mobil atau motor akan mendatangi dealer untuk melihat produk yang mereka inginkan. Ketika ada yang ingin membeli mobil atau motor secara kredit, maka seorang CMO akan menawarkan pembelian secara kredit dengan ketentuan-ketentuan perusahaan yang berlaku. 

Selain membangun Relasi dengan Dealer, CMO juga membangun Relasi dengan perorangan yang menjual barang, seperti mobil atau motor atau pemilik mobil untuk dapat menjaring calon konsumen lebih banyak. 

Biasanya membangun relasi yang baik dengan pemilik mobil atau seorang yang pernah atau sedang menjalankan program kedit dari perusahaan finance, ia akan menawarkannya lagi kepada kerabat dekat dan kemudian akan menghubungi  CMO atau kantor Finance untuk melakukan survey kelayakan sesuai dengan ketentuan perusahaan. 

Disinilah pentingnya membangun relasi yang baik, dengan memberikan pelayanan, solusi, dan membuat nyaman konsumen, maka ia akan merekomendasikan kerabat yang lain untuk mencoba program kredit yang sedang dijalankannya. 

3. Melakukan Survey

Selain menawarkan produk kepada para konsumen, seroang CMO akan bertugas untuk melakukan survey kelayakan kerumah konsumen dan benar-benar memastikan kelayakan sesuai ketentuan perusahaan. Biasanya ketentuan kelayakan dapat dilihat dari slip penghasilan bulanan, usaha, mutasi buku tanbungan dan lain sebagainya. 

Disini seroang CMO harus menjaga hubungan antara dealer dengan calon konsumen, dan harus mempertimbangkan apakah calon konsumen yang ditangani mampu membayar angsuran atau tidak. Ketika saat mensurvey di kediaman calon konsumen, kemudian calon konsumen tersebut tidak layak untuk mengajukan kerdit maka otomatis CMO gagal mendapatkan konsumen baru dan konsumen pun gagal untuk membeli produk berupa barang seperti mobil atau motor. 

Biasanya ketika gagal dalam memproses barang yang akan dibeli yang berkaitan dengan dealer, pihak dealer akan kecewa karena produk mereka tidak jadi dibeli. Namun jika dipaksa padahal calon konsumen tidak layak dan kemungkinan susah untuk membayar angsuran, maka ini akan merepotkan CMO ketika terjadinya penunggakan angsuran. 

4. Memahami Terhadap Praktik Marketing Baru

Dunia marketing sering berubah beriringan berjalannya waktu serta perkembangan teknologi. Disini seorang CMO seharusnya dapat memantau setiap perubahan pemasaran dan melaksanakan strategi terbaru supaya tidak ketinggalan dengan perusahaan-perusahaan finance yang lain.  

Akhir kata, itulah pengertian, tugas dan tanggung jawab seorang CMO didalam perusahaan Finance atau pembiayaan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan menambah wawasan pembaca mengenai peran CMO didalam perusahaan, dengan mengetahui tugas dan tanggung jawabnya.