Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Istilah Dalam Saham Penting Yang Harus Dipahami Oleh Pemula

Istilah Dalam Saham Yang Harus Dipahami Oleh Pemula

zetroenter.com - Bagi para investor pemula, pastinya akan sering mendengar istilah-istilah asing yang ditemui dalam forum saham, maupun microblog yang membahas saham di Instagram. Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai istilah saham penting yang harus dipahami pemula. 

1. IPO

IPO adalah singkatan dari Initial Public Offering yang artinya sebuah saham perdana atau yang baru saja dipublikasikan. Dalam artian ini adalah perusahaan yang baru saja menawarkan saham kepada publik. 

2. Cuan

Pasti kamu tidak asing dengan istilah "Cuan", yang sering terdengar dari youtuber yang membahas tentang investasi saham atau terdapat pada microblog Instagram. Cuan merupakan bahasa cina yang artinya untung. 

3. Cum Date

Cum Date adalah tanggal terakhir bagi seorang investor untuk mendaftarkan diri dalam upaya memperoleh dividen dari kepemilikan saham dalam suatu perusahaan. 

4. Recording Date

Recording Date adalah tanggal saat perusahaan akan melihat dan mengetahui siapa saja yang memegang saham perusahaan. 

5. Ex Date

Ex Date adalah tanggal awal kadaluarsa dari pencatatan kepemilikan saham dalam suatu perusahaan. 

4. Dividen

Deviden merupakan sebuah profit atau keuntungan yang diperoleh daru sebuag saham dari laba perusahaan yang telah berumur satu satuh. Dividen ini dapat diambil hanya dengan memegang saham yang akan dibagikan dalam deviden yang sesuai dengan penentuan hari Cum Date nya. 

5. IHSG

IHSG adalah kepanjangan dari Indeks Harga Saham Gabungan, yang berarti pasar saham ini adalah harga rata-rata dari semua saham yang dijual di BEI. 

6. Bluechip

Bluechip adalah sebuah sebutan saham perusahaan yang besar, biasanya saham ini memiliki harga yang lebih stabil. 

7. Fee Trading

Fee Trading atau lebih dikenal dengan surat berharga atau biaya transaksi saham. Biaya yang diberikan oleh investor akan langsung diberikan pada perusahaan sekuritas saat pelaksanaan jual beli saham. 

8. LQ45

LQ45 adalah singkatan dari Liquid dan 45, yang artinya sebuah transaksi yang populer atau paling liquid di pasar modal yang masuk dalam kategori 45 saham yang ditentukan oleh BEI berdasarkan riset. 

9. Emitem

Emitem adalah perusahaan yang mengeluarkan surat berharga yang akan diperdagangkan di BEI

10. Capital Gain

Capital Loss adalah keuntungan atau laba yang diperoleh dari selisih harga penjualan yang lebih tinggi dari harga belinya. 

11 Capital Loss

Capital Loss memiliki arti yang bertolak belakang dengan Capital Gain, yakni kerugian dari selisih harga penjualan saham yang lebih rendah daripada harga belinya. 

12. Bullish

Bulish adalah sebuah penyebutan untuk pergerakan saham yang cenderung menungkat dalam waktu tertentu. 

13. Bearish

Bearish adalah kebalikan dari Bullish, yang artinya pergerakan saham yang cenderung menurun dalam waktu tertentu. 

14. Market Capitalization

Market Capitalization atau dapat diartikan kapitalisasi perusahaan. Market cap nya akan lebih besar saat perusahaan melepas lembar saham dengan jumlah yang banyak dengan harga saham yang tinggi. 

15. BID / ASK

BID / ASK dapat dipahami dengan istilah sederhananya adalah antrian beli dan jual dalam satuan lot pada tiap harga. 

Akhir kata, itulah beberapa istilah dalam saham yang sering didengar dan wajib dipahami oleh pemula. Sebenarnya ada banyak istilah saham yang harus diketahui, namun pada artikel kali ini, omiska.com hanya membahas istilah-istilah saham yang dianggap penting saja. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan untuk teman-teman, khususnya bagi investor permula. 

Posting Komentar untuk "Istilah Dalam Saham Penting Yang Harus Dipahami Oleh Pemula"

Berlangganan via Email