Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jenis-Jenis Teguran Pelanggaran Youtube Dan Resikonya Untuk Creator

Jenis-Jenis Teguran Pelanggaran Youtube Dan Resikonya Untuk Creator


zetroenter.com - Bagi orang awam, menjadi seorang creator youtube atau bahasa yang lebih familiar adalah youtuber, merupakan sebuah pekerjaan yang menyenangkan. Kerjanya hanya membuat video yang menarik untuk memenuhi kanal youtube, dan setiap tanggal 22 sudah gajian. 

Sebenarnya menjadi creator youtube gak segampang yang di asumsi oleh orang awam. karena creator youtube harus membuat video yang menarik dengan trik-trikn yang jitu, baik itu dari mempertimbangkan thumbnail, judul, deskripsi maupun tag supaya video mudah dicari dan direkomendasi oleh youtube. 

Belum lagi, ada aturan jika creator melakukan pelanggaran akan diberikan sanksi yang sudah ditetapkan oleh youtube. 

Nah, bagi kamu yang ingin menjadi youtuber, coba baca dulu beberapa jenis teguran pelanggaran youtube beserta resiko yang akan dialami oleh creator. 


Jenis Teguran Di Youtube

Ada 2 jenis teguran pedoman youtube :

  1. Teguran Pedoman  Hak Cipta
  2. Teguran Pedoman Komunitas


1. Teguran Pedoman Hak Cipta

Teguran hak cipta ini biasanya dikarenakan youtuber membuat video yang mengandung media berupa video amupun audio, yang memiliki hak cipta. 

Misalnya, kamu membuat tutorial memasak dan karena ingin membuat suasana lebih ceria, maka kamu menambahkan lagu atau musik terkenal yang berasal dari Indonesia maupun luar negeri. 

Kasus lainnya adalah, jika kamu mengambil potongan video orang lain dengan durasi yang cukup lama. 

Jika kamu mendapatkan teguran hak cipta yang pertama, maka kamu akan dipandu untuk mengikuti kursus hak cipta, guna supaya creator dapat lebih memahami hak cipta dan cara penegakannya di youtube. 

Jadi kamu diberikan batas hingga tiga teguran hak cipta saja, jika kamu mendapatkan teguran hak cipta sebanyak tiga kali, maka akan berdampak : 

  • Akun dan channel youtube yang terkait akan diberhentikan
  • Semua video yang telah di upload ke youtube akan dihapus permanen
  • Kamu dilarang membuat channel yang baru

Manusia memang tak luput dari kekhilafan dan ksalahan, maka dari itu terkadang teguran hak cipta kemungkin akan kamu dapatkan sewaktu-waktu jika tidak berhati-hati. Lantas ada tiga tips jitu supaya kamu tidak mendapatkan teguran hak cipta untuk ketiga kalinya : 

a. Menunggu masa berakhir teguran hak cipta yang pertama

Setiap teguran hak cipta akan berakhir selama 90 hari. Jika kamu melakukan pelanggaran lainnya hingga tiga kali sebelum status teguran hak cipta pertama hilang, maka channel youtube kamu kemungkinan besar akan dihentikan. Maka dari itu, setelah mendapatkan teguran hak cipta yang pertama kali, cobalah untuk lebih berhati-hati selama 90 hari dan sebisa mungkin menghindari pelanggaran lainnya. 

b. Meminta mencabut klaim 

Jika kamu ingin teguran hak cipta itu segera dicabut oleh youtube, kamu dapat menghubungi kontak yang mengkkali hak cipta untuk mencabut klaim. 

c. Mengajukan banding ke youtube

Jika kamu yakin bahwa video yang diklaim bukanlah pelanggaran hak cipta, misalnya itu adalah murni video kamu sendiri, atau video kamu termasuk video yang memenuhi syarat penggunaan wajar, maka kamu dapat mengajukan banding ke youtube. 


2. Teguran Pedoman Komunitas

Teguran Pedoman Komunitas ini akan kamu dapatkan jika kamu membuat video yang mengandung hal yang sensitif, seperti rasis, konten porn*grafi, kekerasan pada manusia maupun hewan, konten yang beresiko berbahaya, pelecehan atau cyber-bulliying, ujaran kebencian, konten tentang obat-obatan terlarang dan konten sensitif lainnya. 

Apa yang terjadi pada channel youtube kamu jika mendapatkan teguran pedoman komunitas? 

Konten yang bersangkutan akan dihapus oleh youtube, namun kamu masih dapat request banding jika meyakini ini adalah kesalahan  youtube karena konten kamu tidak mengandung hal-hal sensitif yang melanggar kebijakan. 

Dalam teguran pedoman komunitas ini kamu juga akan diberikan kesempatan sebanyak tiga kali.  

Teguran pertama : 

Untuk teguran pertama ini youtube tidak memberikan sanksi apapun untuk channel kamu, namun teguran ini akan dicabut selama 90 hari dan kamu dapat melihat peringatan seperti dibawah ini :

Jenis-Jenis Teguran Pelanggaran Youtube Dan Resikonya Untuk Creator

Teguran kedua : 

Jika kamu melakukan pelanggaran untuk kedua kalinya, maka kamu tidak dapat melakukan beberapa hal ini dalam satu minggu sebagai bentuk sanksi : 

  • Tidak dapat mengupload video, mengupload Story atau melakukan Livestream
  • Tidak dapat membuat thumbnail custom
  • Tidak dapat membuat dan mengedit maupun menambahkan kolaborator ke Playlist
  • Tidak dapat menambah atau menghapus Playlist dari halaman tonton
  • Tidak dapat menampilkan cuplikan selama Preimere
  • Tidak dapat mengarahkan penonton dari Livesteream ke Premiere maupun sebaliknya

Teguran ketiga : 

Jika kamu melakukan pelanggaran untuk ketiga kalinya dalam priode yang sama, maka channel youtube kamu akan dihapus permanen oleh youtube. 


Ada dua cara yang dapat/harus kamu lakukan jika mendapatkan teguran komunitas : 

a. Membuat konten yang tidak melanggar

Jika kamu mendapatkan teguran pedoman komunitas, maka kamu harus mematikan konten-konten yang telah kamu buat tidak melanggar. Hindari membuat konten yang sensitif sepertu contoh yang telah kita bahas diatas

b. Mengajukan banding ke youtube

Jika sekiranya kamu yakin bahwa video yang telah kamu buat tidak melanggar yang menampilkan konten yang sensitif, maka kamu dapat mengajukan  banding ke tim creator youtube. Namun jika benar  bahwa konten yang kamu buat memiliki unsir yang sensitif maupun dalam menit-menit tertentu saja, maka jangan coba-coba untuk menghubungi tim creator karena kamu tidak akan mendapatkan jawaban yang menyenangkan. 

Walaupun kamu menghapus video yang melanggar / bersangkutan, youtube tetap tidak akan mencabut teguran hingga priode selama 90 hari. 

Akhir kata, sekian dulu kita membahas mengenai jenis-jenis teguran pelanggaran di youtube beserta resikonya. Dengan membaca artikel ini sampai habis, semoga saja kamu dpaat lebih memahami kebijakan atau "aturan mainnya", supaya channel youtube kamu akan bertahan lama.