Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Supervisor : Skill Dasar Yang Harus Dimiliki


Supervisor : Skill Dasar Yang Harus Dimiliki


zetroenter.com - Pada artikel sebelumnya kita telah membahas pengertian, tugas, dan tanggung jawab Supervisor Produksi. Kemudian pada kesempatan kali ini kita akan membahas skill dasar yang harus dimiliki oleh seorang supervisor yang harus kamu ketahui, sebelum melamar kerja pada posisi tersebut. 

Seperti yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya, Supervisor memiliki peran penting dan wewenang untuk para pekerja, seperti memberikan arahan, memanage tim, dan mengawasi pekerjaan dan memastikan pekerjaan telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur atau tujuan perusahaan. 

Tentu Supervisor memiliki peran yang penting dalam melaksakan suatu proyek, dan tentunya lagi Supervisor memiliki banyak pengalaman dan tak kalah pentingnya adalah skill, untuk memudakan melaksanakan tugas-tugas dan tanggung jawabnya. 

Bagi anda yang ingin melamar pekerjaan pada posisi Supervisor, ada baiknya simak dulu skill dasar yang harus dimiliki oleh Supervisor berikut ini : 

1. Komunikasi

Keterampilan komunikasi yang baik adalah skill penting yang wajib dimiliki oleh Supervisor, ini dikarenakan seorang Supervisor lebih banyak berinteraksi kepada pekerja dengan memberikan arahan, mengedukasi pekerja tentang pentingnya keselamatan kerja (safety), sebagai seorang perantara yang menyampaikan keluhan pekerja yang akan disampaikan kepada pimpinan sekaligus melaporkan masalah yang dialami didalam lapangan kerna dan lain sebagainya. 

Dengan memiliki keterampilan atau skill komunikasi yang baik, maka akan memudahkan Supervisor dalam menyampaikan arahan, menerima dan memberi umpan balik, mengatasi perilaku pekerja, dan menyampaikan saran yang bertujuan untuk memaksimalkan pelaksanaan kerja. 

2. Dapat Menyelesaikan Konflik

Konflik biasanya dipicu oleh terjadinya perubahan, bisa jadi salah satu faktornya adalah berbeda prinsip maupun pendapat / ide. Disini seorang Supervisor berperan sebagai penengah untuk mengendalikan konflik yang terjadi, dan mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dan memperbaiki hubungan antar karyawan. Konflik dapat membuat hambatan dan mengurangi produktivitas, dalam hal ini Supervisor diminta untuk mampu mengatasi konflik untuk menormalisasi keadaan dan produktivitas. 

3. Berfikir Kritis

Seorang Supervisor juga seharusnya memiliki kemampuan berfikir kritis, hal ini disebabkan karena segala permasalahan yang terjadi supaya dapat cepat diatasi dengan baik dengan memberikan saran dan solusi. Berfikir kritis juga dibutuhkan untuk memahami strategi, metode kerja, hingga membuat keputusan yang tepat. 

Dengan memiliki kemampuan berfikir kritis, akan memudahkan seorang Supervisor mengahadapi segala permasalahan atau konflik yang terjadi didalam perusahaan, dan mampu mengajak pekerja untuk menjalin hubungan demi dapat mencapai tujuan perusahaan baik itu dari ketentuan waktu maupun kualitas yang diharapkan. 

4. Jiwa Pemimpin

Setelah mengetahui peran Supervisor seperti yang telah kita bahas diatas, seorang Supervisor seharusnya memiliki jiwa kepemimpinan yang baik untuk memaksimalkan tugas dan kewajibannya. Pemimpin biasanya harus mampu mengatur maupun mendelegasi berbagai macam keahlian. Ini berguna untuk mengenali kekuatan dan mampu me-manage pekerja untuk menempatkan mereka pada posisi kerja yang lebih relevan. 

5.  Keahlian Teknis

Supervisor seharusnya memiliki wawasan atau pemahaman teknis yang baik, ini berguna untuk memastikan pekerjaan anggota tim telah memenuhi standar atau tujuan perusahaan. Dalam hal ini, biasanya Supervisor memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman dalam teknis untuk dapat menilai pekerjaan yang dilaksanakan oleh pekerja.

6. Paham Teknologi (Tidak Gaptek)

Teknologi semakin berkembang pesat dan setiap pekerjaan yang dilaksanakan biasnaya tidak lepas dari teknologi. Supervisor seharusnya mampu menyesuaikan diri dengan teknolgi, dan memahami bagaimana melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya khususnya dalam mengatur dan memberikan arahan untuk pekerja, dan membuat perencanaan yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. 

7. Kemampuan Pemecahan Masalah

Kemampuan pemecahan masalah adalah suatu yang wajib dimiliki oleh seorang Supervisor. Pemecahan masalah yang telah dilakukan akan menjaga dan meningkatkan produktivitas kerja, dan meningkatkan pendapatan perusahaan. Dalam hal ini Supervisor dituntut untuk dapat mengetahui dasar permasalahan dan memberikan sebuah ide atau gagasan yang paling efektif untuk memecahkan permasalahan. 

8. Interpesonal Yang Baik

Keahlian interpersonal yang baik dapat diterapkan ketika sedang berhadapan langsung dengan bawahan hingga atasan. Dengan memiliki keahlian interpesonal yang baik, Supervisor mampu membangun tingkat kepercayaan dan meningkatkan profesionalitas yang lebih baik dengan siapapun yang dihadapinya. 

Dengan menciptakan hubungan yang baik dengan bawahan, pelanggan, hingga atasan, akan membuat Supervisor lebih dihargai hingga diberi kepercayaan yang lebih oleh atasan, disegani oleh bawahan atau pekerja dan secara otomatis mereka akan mematuhi segala arahan yang diberikan. 

Akhir kata, itulah beberapa skill dasar yang harus dimiliki oleh seorang Supervisor yang memiliki peran penting untuk meningkatkan pelaksanaan kerja dan sesuai dengan tujuan perusahaan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda, dan mengetahui skill apa yang dibutuhkan yang mungkin dapat berguna dan dapat anda latih sebelum melamar pekerjaan di posisi tersebut. 

Posting Komentar untuk "Supervisor : Skill Dasar Yang Harus Dimiliki"

Berlangganan via Email