Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Sukses Bisnis Kuliner Online Dijamin Laris Manis!

 

Cara Memulai Bisnis Kuliner Online Dan Tips Supaya Laris

zetroenter.com - Dewasa ini semakin banyak orang yang ingin mencoba kuliner-kuliner baru, tak heran banyak pelaku usaha kuliner dan sudah menjamur disetiap kota.  Seperti yang kita ketahui, bisnis kuliner beberapa tahun ini cukup dimanati oleh para pelaku usaha terutama pengusaha muda karena memiliki prospek yang sangat baik. Apalagi dengan adanya internet, akan memudahkan mereka dalam memasarkan produk secara online. 

Namun walaupun kedengarannya sangat mudah, tapi sebenarnya bisnis kuliner ini juga memiliki banyak pertimbangan, karena ada masanya bisnis akan sepi (pelanggan) dan tak jarang banyak pelaku usaha mudah beralih ke jenis bisnis yang lain karena hal ini.

Untuk itu, sebelum memulai bisnis kuliner secara online ini sebaiknya dijalankan dengan niat dan kemamuan yang matang dan mengetahui bagaimana cara menyikapi saat bisnis sedang ramai maupun sedang sepi.

Nah, bagi kamu yang ingin memulai bisnis kuliner secara online supaya cepat laris dan berkembang, ada baiknya mencoba mengikuti dan menerapkan beberapa tips berikut ini. 


1. Mempromosikan Dari Sosial Media

Untuk menjaring banyak orang untuk mengetahui bisnis atau peoduk, kamu dapat mengandalkan sosial media seperti Instagram dan Facebook marketplace. Kamu dapat memposting foto produk dengan kualitas gambar yang terbaik dan angle yang tepat, kemudian berikan deskripsi dan harga mengenai produk yang kamu jual. 

Jika kamu memiliki budget yang lumayan lebih baik lagi cobalah untuk beriklan di Instagram, Facebook maupun Google Ads maupun mengandalkan jasa Endorse pada akun-akun yang memiliki follower yang banyak. 

2. Menawarkan Diskon

Untuk menari peminat, kamu juga dapat menawarkan diskon kepada para pelanggan yang dapat berupa potongan harga dalam jumlah pembelian tertentu ataupun menawrkan diskon pada produk-produk terbaru. Berikan diskon dengan presentase yang sesuai, yang artinya tidak terlalu sedikit atau tidak terlalu banyak demi menjaga keuangan dalam bisnis kuliner yang tengah kamu jalani. 

3. Berikan Inovasi Yang Berbeda

Dalam berbisnis, inovasi produk tentu sangat diperlukan termasuk bisnis kuliner online. Inovasi produk dalam kuliner seperti memberikan rasa yang berbeda, toping yang beragam, atau mengeluarkan produk baru yang belum dimiliki oleh pelaku usaha kuliner lainnya.

Selain itu, kamu juga dapat berinovasi mengganti kemasan dengan kemasan produk yang lebih fresh dan dapat menjaring banyak pelanggan. Selain dari segi desain, kamu juga dapat mengganti kemasan dari berbahan plastik dan diganti dengan toples yang unik yang akan membuat nilai produk kamu semakin berkualitas. 

4. Memposting Testimoni

Testimoni merupakan pengalaman pelanggan yang telah mencoba membeli dan mencoba menikmati produk. Biasanya pelanggan akan memberikan testimoni yang poitif jika produk yang mereka beli itu memang benar enak dan tidak mengecewakan, dan ada pula pelanggan yang ingin mengkritik mengenia kekurangan produk, Nah untuk itu, kamu dapat memposting beberapa testimoni positif untuk meyakinkan calon pelanggan. 

Sedangkan jika ada pelanggan yang memberikan testimoni yang negatif, cobalah untuk ditanggapi secara baik-baik dan sabar. Mereka yang memberikan testimoni negatif juga bermanfaat bagi pelaku usaha dalam meningkatkan kualitas produk. 

Kamu dapat memposting testimoni dalam story Intagram maupun memposting sebagai Feed yag disusun rapi supaya mudah dibaca oleh calon pelanggan. 

5. Memberikan Beberapa Opsi Pembayaran

Karena ini merupakan bisnis kuliner online, maka pastinya pembayaran akan dilakukan dengan transaksi via rekening. Namun lebih baik lagi, selain transaksi via rekening kamu juga memberikan beberapa opsi pembayaran untuk para pengguna seperti Dana, OVO dan lain sebagainya. 

6. Memberikan Pelayanan Yang Terbaik

Dalam dunia bisnis, tentu layanan merupakan prioritas penting untuk meningkatkan pengalaman kenyamanan yang dirasakan oleh pelanggan. Bersikaplah ramah kepada pelanggan dengan cara membalas pesan yang sopan dan usahakan dapat merespon secepat mungkin. Kamu juga harus sabar saat ada pelanggan yang banyak bertanya tapi tidak membeli, ini hal yang cukup umum dalam dunia bisnis. Untuk itu kamu dituntut untuk tetap sabar dan tetap memeberikan pelayanan yang terbaik. 


Akhir kata, itulah beberapa tips suskes bisnis kuliner online yang dijamin akan laris manis. Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya bagi kamu yang ingin memulai bisnis kuliner online.