Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

3 Cara Uninstall CSF (Config Server Firewall)


Firewall merupakan software yang wajib ditambahkan untuk melindungi server Anda dari upaya login berbahaya. Namun jika ternyata menghambat kinerja, tidak ada salahnya dilepas. Cek cara uninstall CSFdi sini. 

Config server firewall adalah pelindung buatan Linux yang dipasang di server VPS dan Dedicated. Selain meningkatkan keamanan, csf memiliki fungsi lainnya. Penasaran, simak pembahasan lengkapnya berikut.

Apa itu Config Server Firewall

CSF alias config server firewall ibaratkan keamanan yang melindungi server dari tindak kejahatan siber. Sebagaimana diketahui, aktivitas di internet rentan dari risiko peretasan sehingga berbahaya untuk bisnis. 

Melansir dari Hostpapa Support, di samping memberikan ketenangan dari risiko peretasan, CSF juga memiliki peran ganda. Diantaranya, mengendalikan lalu lintas ke server, meminimalisir serangan DDos, dan melacak koneksi mencurigakan. 

Menariknya, meskipun menawarkan keamanan tinggi, config firewall memiliki user interface yang mudah dan sederhana. Jadi, Anda bebas mengatur setelan security

Cara Uninstall CSF di VPS

Ada kalanya perangkat lunak yang bertugas untuk melindungi ini, justru mengganggu cara kerja VPS server memproses perintah. Apabila sering terjadi, Anda bisa melepas pemasangan sendiri. 

Sayangnya, kendala yang kerap dialami pemula yaitu tidak tahu bagaimana harus uninstall software tersebut. Padahal, caranya cukup mudah. Ikuti langkah di bawah ini.


  1. Masuk ke VPS server dengan SSH.
  2. Selanjutnya masuk ke direktori /etc/csf.
  3. Jalankan perintah #cd/etc/csf.
  4. Pilih file dengan title uninstall.sh di folder.
  5. Ketikkan perintah # sh uninstall.sh 
  6. Tunggu beberapa menit, jika berhasil maka cfs sudah terlepas.  

Namun, apabila upaya melepas pemasangan belum kunjung berhasil. Coba alternatif lainnya seperti berikut ini.

Alternatif Melepas Pemasangan Firewall

Melansir dari Malware Expert, perintah untuk uninstall security berbeda-beda di setiap server. Cara di atas belum tentu berhasil apabila diterapkan di directadmin.  Mari coba alternatif selanjutnya


        Pergi ke directadmin.

        Masukkan perintah cd/etc/csf.

        Kemudian, pilih sh uninstall.directadmin.sh. 

Sementara untuk melepas pemasangan software di panel Linux, lakukan dengan cara yang sama. Namun, masukan command cd/etc/csf lalu ketikkan sh uninstall.sh. Cara untuk panel Linux juga berlaku untuk membuang CSF di cPanel. 

Bagaimana Cara Menonaktifkan CSF 

Apabila Anda merasa terlalu berisiko melepas CFS maka pertimbangkan untuk menonaktifkan sementara. Lalu jika sudah memungkinkan bisa diaktifkan kembali. 

 

CFS menyediakan sejumlah code untuk menjalankan perintah sesuai dengan keinginan pengguna. Khusus untuk menonaktifkan masukan cfs -x. Contohnya root@server[~]#csf -x. Nah jika ingin mengaktifkan input command csf-e seperti root@server[~]#csf -e.

Langkah Memblokir Ip Adress Sementara dan Permanen

Alamat IP yang masuk berkali-kali dan mencurigakan bisa langsung diblokir dengan memasukkan command csf-tf [IP]. Penerapannya yaitu root@server[~]#csf -tf lalu (masukkan alamat IP yang ingin di ban sementara. 

Sedangkan jika Anda ingin membuka blokir hanya perlu tekan csf-dr [IP]. Contoh pengaplikasiannya root@server[~]#csf-dr (input ip address yang ingin dibuka).

Deretan perintah CSF Wajib Tahu

Pada dasarnya pengguna firewall config bisa mengatur dan menyesuaikan setelan dengan keinginan. Beberapa perintah dasar patut dipahami yaitu:

        Memulai aturan baru ketik csf -s misalnya root@server[~]#csf-s

        Restart new firewall rules input csf -r

        Izinkan ip masuk masukkan csf-a

        Menolak ip csf-d, dan

        Melihat daftar ip sementara tekan csf- t

 

Itulah cara uninstall CSF (Config Server Firewall) di Linux, VPS, dan Direct Admin Server.  Semoga deretan commanddi atas dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda. 

Posting Komentar untuk "3 Cara Uninstall CSF (Config Server Firewall) "