Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bagaimana Cara Kerja VPS? Samakah dengan Cara Kerja dari Jenis Web Hosting Lainnya?

 


Saat Anda akan menggunakan web hosting berbayar, biasanya Anda akan ditanya mengenai jenis web hosting yang akan Anda pilih. Salah satu jenis web hosting yang bisa Anda gunakan adalah VPS. Namun apakah Anda tahu bagaimana cara kerja VPS ini?

Karena meskipun masih dalam kategori web hosting. Namun cara kerja VPS ini umumnya berbeda dengan jenis web hosting lainnya. Meskipun memang, ada beberapa diantaranya yang memang menggunakan cara yang sama dalam melakukan pengaksesan website. Sebelum Anda menggunakan web hosting yang satu ini, yuk kenali VPS melalui informasi mengenai cara kerjanya berikut ini!

Bagaimana Cara Kerja VPS? Samakah dengan Cara Kerja dari Jenis Web Hosting Lainnya?

VPS merupakan salah satu jenis web hosting yang bersifat privat. Hal ini memang tak jauh berbeda dengan namanya yang berarti Virtual Private Server. Dimana jenis web hosting yang satu ini bisa Anda gunakan sendiri, tanpa harus berbagi dengan pengguna lainnya.

Karena bersifat privat inilah, maka Anda sebagai pengguna dari web hosting VPS ini memiliki kontrol penuh terhadap server tersebut. Namun sebenarnya, VPS merupakan salah satu server virtual yang dibuat dengan cara meniru server fisik.

Dengan kata lain, meskipun VPS ini bersifat privat dan khusus. Namun kenyataannya, VPS merupakan server yang terdiri dari banyak pengguna (user). Hanya saja, VPS ini dibuat secara terpisah. Sehingga user (pengguna) yang satu dan yang lainnya, tidak akan terganggu dengan kinerja dari VPS ini.

Lalu bagaimana dengan cara kerja VPS ini? Cara kerja dari VPS ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan web hosting dengan jenis lainnya. Dimana saat pengunjung (visitor) akan mengakses website yang Anda miliki.

Browser kemudian akan mengirimkan permintaan ke server, untuk melakukan pengaksesan website. Barulah kemudian server akan mengirimkan (mentransfer) file yang dibutuhkan, yang bisa dilakukan hanya melalui jaringan internet.

Hanya saja, jika dengan menggunakan VPS ini. maka hosting provider yang sebelumnya menggunakan teknologi ini, akan menginstal layer virtual, yang dilakukan diatas Sistem Operasi (SO) dari server. Layer virtual inilah yang nantinya akan membagi server tersebut ke dalam partisi. Hingga akhirnya pengguna (user) VPS ini bisa menginstal sistem operasi (SO), sekaligus software yang mereka miliki.

Dengan cara kerja VPS inilah, maka pengguna dari web hosting yang satu ini bisa memiliki kendali penuh terhadap server yang digunakan. Dengan kelebihan tersebut, maka tak heran jika VPS sering dikatakan sebegai server virtual dan privat.

Keunggulan VPS Dibandingkan dengan Jenis Web Hosting Lainnya

Selain pengguna memiliki kendali penuh terhadap server. Sebenarnya, ada beberapa keunggulan lainnya dari VPS ini. Diantaranya:

·         Meskipun terdiri dari banyak user, namun pada umumnya, server-server tersebut dibuat secara terpisah. Sehingga pengguna yang satu dan yang lainnya tidak akan merasa terganggu

·         Teknologi yang digunakan pada VPS hampir sama dengan teknologi dalam proses pembuatan partisi komputer pada Windows dan juga Linux. Khususnya saat Anda menjalankan Operasi Sistem (OS) dengan jumlah lebih dari satu, yang dilakukan tanpa reboot

·         Adanya jaminan resource berupa memori, disk, space, CPU core, dan yang lainnya

·         Dengan adanya jaminan resource tersebut, maka hal tersebut diartikan bahwa Anda tidak perlu berbagi dengan user lainnya

·         Memiliki akses root level yang hampir sama dengan saat Anda menggunakan DedicatedServer

·         Meskipun memiliki akses root dengan level yang sama, namun nyatanya, harga dari VPS jauh lebih murah dari harga Dedicated Server

 

Itu dia keunggulan dan cara kerja VPS yang perlu Anda ketahui. Dengan kata lain, meskipun VPS terdiri dari banyak user. Namun nyatanya, server tersebut dibuat secara terpisah, sehingga antara satu user dan user lainnya, tidak akan merasa terganggu, serta tidak akan saling berebut dalam menggunakan server.