Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kapan Harus Menggunakan VPS? Ini Waktu Tepatnya Anda Beralih ke VPS Hosting

VPS Hosting atau Virtual Private Server yang mana ini merupakan jenis hosting yang bersifat privat dan hanya Anda sendiri yang dapat mengaksesnya. Berbagai kelebihan yang dimiliki oleh VPS, membuat seseorang kebingungan mengenai kapan harus menggunakan VPS yang tepat.

Kapan Harus Menggunakan VPS? Ini Waktu Tepatnya!

Jika Anda bingung mengenai mana waktu yang tepat untuk menggunakan hosting VPS maka jawabannya adalah sebagai berikut.

1.    Trafik Website yang Meningkat

Ketika website Anda mendapatkan trafik yang meningkat, Anda bisa mencoba untuk beralih menggunakan VPS.

Sebab jika Anda masih menggunakan jenis shared hosting ini akan berpengaruh terhadap kinerja website yang  ada dalam satu server termasuk website Anda sendiri.

Shared hosting sendiri merupakan resource bersama dengan pengguna lain di mana disk space dan bandwidth digunakan oleh beberapa website sekaligus.

Biasanya pelayanan shared hosting akan memberitahukan kepada website yang sudah memakan banyak ruang. Jika Anda sudah mendapatkannya maka segeralah  beralih ke VPS.

2.    Penyimpanan File Besar

Seperti yang kita ketahui bahwa VPS merupakan layanan yang digunakan oleh beberapa pemilik website sehingga ruang kapasitas penyimpanan pun terbagi dan menjadi lebih kecil.

Dalam Menyimpan file besar  tentu Anda membutuhkan Disk Space yang lebih besar, maka dari itu jika Anda ingin menyimpan file dengan ukuran besar sebaiknya beralih ke VPS. 

Selain bisa memilih Disk Space yang besar, Anda pun tidak akan terganggu dengan pengguna lainnya.

Maka dari itu, ini merupakan waktu yang tepat bagi Anda dalam menggunakan hosting VPS.

3.    Mendapatkan Kontrol Penuh

Jika Anda mengelola sebuah website, yang mana website ini bukan website biasa melainkan website organisasi yang membutuhkan kontrol penuh terhadap servernya, maka Anda bisa menggunakan layanan hosting VPS.

Dengan menggunakan layanan hosting VPS, Anda bisa mendapatkan kontrol secara penuh terhadap server hosting yang Anda sewa khusus website milik Anda sendiri.

4.    Keamanan Server  yang Baik

Dengan menggunakan Shared hosting, maka pengguna lain dapat melakukan akses terhadap data-data yang kamu simpan di dalam satu server tersebut, sehingga bisa dikatakan keamanan server shared hosting perlu diragukan.

Kehilangan data yang disimpan biasanya terjadi pada pengguna yang menggunakan shared hosting. Nah agar Anda bisa mendapatkan keamanan server yang lebih baik dan terjamin Anda bisa memilih untuk menggunakan jenis VPS hosting.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, VPS ini memberikan kontrol penuh terhadap server sehingga keamanannya akan lebih terjamin dibandingkan dengan Shared Hosting.  

Di mana Anda pun bisa melakukan pengaturan terhadap konfigurasi VPS yang sesuai dengan standar diinginkan serta Anda bisa mendapatkan Disk Space dan Bandwidth yang menjadi milik Anda sendiri.

5.    Pengetahuan terkait VPS

Terakhir waktu yang tepat bagi Anda untuk beralih ke jenis hosting VPS adalah di saat Anda telah menguasai pengetahuan pengelolaan hosting VPS.

Hal ini karena VPS memiliki pengaturan yang lebih rumit dibandingkan dengan jenis Shared Hosting. Biasanya, layanan VPS ini tersedia dalam versi managed dan unmanaged.

Di mana VPS managed adalah layanan VPS yang segala pengaturan dan konfigurasi telah dilakukan oleh penyedia hosting sedangkan unmanaged adalah kebalikannya yakni pengaturan dan konfigurasi harus dilakukan secara mandiri oleh penggunanya.

Yang paling banyak penyedia hosting VPS menyediakan layanan VPS unmanaged. Maka dari itu, Anda harus bisa menguasai pengetahuan terkait mengelola hosting server tersebut.

Nah itulah beberapa waktu tepat jika Anda ingin beralih ke layanan VPS. Dengan penjelasan kapan harus menggunakan VPS, Anda bisa tahu waktu tepatnya.