Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Koneksi Internet Buruk? Berikut Cara Mengatasi ‘Waktu Tunggu Habis’ pada Internet


Di zaman serba digital seperti ini, kebutuhan Anda terkait penggunaan internet sangat penting. Maka dari itu, banyak dari kita yang memanfaatkan internet untuk keperluan pendidikan, hiburan, bisnis, hingga berdiskusi. Namun, terputusnya koneksi internet bisa saja terjadi, dimanapun Anda berada. Tentu situasi ini sangat menyebalkan, berikut akan dijelaskan cara mengatasi ‘waktu tunggu habis’ pada internet.

Mengutip dari pendapat Google, koneksi internet yang terputus ataupun buruk, mengakibatkan pengguna tidak dapat mengakses data, dan berlanjut pada kegagalan akses di beberapa aplikasi lain.

Masalah yang umumnya terjadi seperti pengunduhan yang tidak berjalan, dan waktu habis (time out) hingga berada di angka 0%. Semua masalah ini kendalanya hanya satu, yakni koneksi internet yang bermasalah.

Jika saat ini Anda mengalami masalah ‘Waktu Tunggu Habis’ pada smartphone Android, berikut akan dijelaskan cara mengatasinya. Selengkapnya, baca tulisan ini hingga selesai!

Mengapa Smartphone Android Tidak Terhubung Internet?

Terkadang memang muncul masalah dengan koneksi internet pada smartphone Android. Padahal saat membuka status data yang ada di perangkat masih aktif dan penuh.

Tentu ini membuat sebagian besar orang jenuh dan merasa frustasi. Bagaimana tidak, masalah yang muncul akibat koneksi buruk, umumnya tidak mudah untuk diidentifikasi.

Walaupun begitu, jika Anda mau mencari penyebab utamanya, maka masalah ini bisa terselesaikan. Masalah tersebut bisa terjadi di semua perangkat Android, karena beberapa penyebab, diantaranya sebagai berikut.

 

  1. Pengaturan ‘Jaringan Otomatis’ yang aktif.
  2. Terjadinya error ataupun bug pada sistem operasi perangkat.
  3. Smartphone sudah pernah mengalami root.
  4. Diserang virus ataupun malware
  5. Slot SIM Card ada masalah
  6. Sedang ada gangguan dari operator SIM

Beberapa masalah ini bisa Anda ingat, jika suatu saat terjadi kendala pada koneksi internet ponsel Android. Pun masalah ini perlu Anda identifikasi sebelum mengetahui cara mengatasi ‘waktu tunggu habis’  pada internet.

Cara Mengatasi ‘Waktu Tunggu Habis’ pada Internet

Masalah koneksi internet memang tidak bisa Anda hindari, meskipun perangkat yang dimiliki memiliki spesifikasi bagus, bukan berarti kebal akan masalah koneksi.

Untuk itu, Anda perlu mengenali tanda-tanda koneksi buruk, seperti (1) proses download tidak berjalan/waktu tunggu habis/teru berada di 0%, (2) Google Play berhenti di ‘Memuat....’, (3) tidak dapat memuat di web browser.

Adapun tips untuk memperbaikinya atau cara mengatasi ‘waktu tunggu habis pada internet, sebagai berikut.


  1. Melakukan ‘Mulai Ulang Perangkat’. Memang langkah ini sederhana, hanya saja tindakan ini perlu dilakukan saat mengalami koneksi internet buruk.
  2. Jika langkah pertama (Mulai Ulang Perangkat) tidak membawa hasil, maka Anda bisa beralih antara menggunakan Wi-Fi atau data seluler. Caranya sebagai berikut.

a.       Membuka menu ‘Setelan’ pada perangkat smartphone Anda. Lalu pilihlah kolom ‘Jaringan & Internet/Koneksi’. Untuk melakukan langkah ini bergantung dengan perangkat yang Anda gunakan, karena setiap perangkat memiliki aturannya sendiri-sendiri.

b.      Menonaktifkan Wi-Fi dan mengaktifkan data seluler. Kemudian periksa apa ada perubahan dari peralihan tersebut.

c.       Jika masih dalam keadaan buruk, bergantidengan data seluler yang dinonaktifkan, sedangkan Wi-Fi ON. Kemudian periksa sambungan Anda.

  1. Apabila langkah-langkah di atas belum mengatasi masalah Anda, cobalah untuk melakukan dua langkah yakni (1)  memeriksa data seluler telah diaktifkan dan pastikan jika perangkat memiliki ketercukupan data, (2) menonaktifkan serta mengaktifkan mode pesawat.

Berikut menjadi penjelasan tentang cara mengatasi ‘Waktu Tunggu Habis’ pada internet. Selain itu dengan membaca ulasan ini, Anda dapat mengidentifikasi masalah yang terjadi di smartphone Android, hingga menyebabkan koneksi internet buruk.

Posting Komentar untuk "Koneksi Internet Buruk? Berikut Cara Mengatasi ‘Waktu Tunggu Habis’ pada Internet"