Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal Kekurangan dan Kelebihan Menggunakan VPS



Virtual Private Server atau biasa disebut dengan VPS merupakan salah satu komponen penting yang berpengaruh pada performa suatu website. Oleh karena itu, teknologi VPS ini banyak digunakan oleh para pengembang website. Bagi Anda yang berminat dengan teknologi ini, maka Anda harus terlebih dahulu mengenai kekurangan dan kelebihan menggunakan VPS.

Dengan mengetahui kekurangan serta kelebihan menggunakan VPS, maka akan memudahkan Anda untuk melakukan pengelolaan websitenya agar performanya menjadi lebih optimal.

Maka dari itu, untuk mengetahui informasi seputar VPS, mulai dari pengertian hingga kelebihan dan kekurangannya, berikut ini adalah informasi lengkap yang bisa disimak!

Apa Itu VPS?

Sebelum masuk ke dalam pembahasan kekurangan serta kelebihan VPS, pertama-tama Anda harus mengetahui pengertian dari VPS terlebih dahulu. VPS merupakan sebuah server virtual yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data pada suatu website.

Teknologi virtualisasi telah diterapkan pada VPS sehingga teknologi tersebut dapat membagi sebuah server fisik menjadi beberapa sumber daya. Oleh karena itu, penggunaan VPS tersebut umumnya digunakan oleh website yang membutuhkan sumber daya yang besar.

Kekurangan dan Kelebihan Menggunakan VPS

Setiap jenis hosting pasti memiliki kekurangan serta kelebihannya masing-masing. Untuk VPS, Anda bisa menyimak informasi kekurangan serta kelebihannya pada penjelasan berikut.

Kekurangan VPS

Berikut ini adalah beberapa kekurangan VPS yang bisa Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakan hosting jenis ini.

Wajib Memiliki Kemampuan Teknis

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh VPS adalah wajib memiliki orang yang mampu dalam menangani hal-hal teknis. Hal-hal teknis yang dimaksud adalah hal yang behubungan dengan teknik pengoperasian server secara baik.

Harga Tergolong Mahal

Kekurangan lainnya dari menggunakan VPS untuk kebutuhan website Anda adalah terdapat pada perihal biaya. Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk VPS dibandingkan dengan jenis hosting lainnya.

Hal tersebut dikarenakan harga dari VPS di pasaran memang lebih tinggi. Namun begitu, dengan harga yang lebih mahal tersebut, Anda bisa menikmati layanan dengan sumber daya yang lebih besar.

Kelebihan VPS

Tidak hanya memiliki kekurangan, VPS juga memiliki banyak kelebihan. Berikut ini adalah kelebihan VPS yang wajib Anda ketahui.

Sumber Daya yang Lebih Baik

Karena merupakan hosting private, VPN tentunya memiliki sumber daya yang lebih baik. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan adanya RAM, CPU, serta Bandwidth yang bisa digunakan sepenuhnya oleh Anda sendiri. Dengan begitu, performa dari website Anda akan menjadi lebih maksimal.

Keamanan Terjamin

Kelebihan kedua dari penggunaan VPS adalah keamanannya yang terjamin. Karena VPS merupakan hosting pribadi, maka Anda bisa menyimpan data-data website di database dengan aman. Hal tersebut dikarenakan yang memiliki akses ke database hanyalah Anda sendiri.

Tidak hanya itu saja, keamanan data-data juga terjamin karena VPS memiliki teknologi untuk backup yang canggih. Dengan begitu, apabila terdapat gangguan, maka data-data Anda akan terjamin keamanannya serta akan dipulihkan kembali secepat mungkin.

Kontrol Penuh

Adanya kontrol penuh juga menjadi salah satu kelebihan VPS. Dengan menggunakan VPS, Anda memiliki akses penuh terhadap Secure Shell Connection (SSH) beserta root server yang dimiliki.Hal tersebut memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai pengaturan terhadap VPS secara leluasa.

VPS merupakan salah satu jenis hosting terbaik yang banyak dilirik para pengembang website. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menggunakannya, akan lebih baik untuk memahami berbagai informasi di atas.

Demikian informasi mengenai kekurangan dan kelebihan menggunakan VPS,semoga informasi di atas dapat membantu Anda untuk memahami seputar VPS.

Posting Komentar untuk "Mengenal Kekurangan dan Kelebihan Menggunakan VPS"