Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab VPS Sering RTO Serta Cara Mengatasinya

 


Times Request Out atau yang lebih dikenal dengan istilah RTO seringkali muncul saat Anda menggunakan VPS. Jika memang hal ini sering Anda alami, lalu bagaimana cara mengatasi VPS sering RTO ini? Dan apa saja penyebabnya?

Karena tak bisa dipungkiri, VPS yang sering mengalami RTO ini tentunya akan membuat kinerja website menjadi lambat, bahkan sulit untuk diakses. Maka dari itu, bagi Anda pengguna VPS, cari tahu yuk, bagaimana mengatasi VPS yang seringkali RTO ini!

VPS Sering RTO? Yuk, Atasi dengan Melakukan Salah Satu dari Cara-Cara Berikut Ini!

VPS merupakan salah satu jenis web hosting yang banyak digunakan saat ini. Meskipun demikian, dalam penggunaannya, VPS sering mengalami RTO yang ditandai dengan munculnya tulisan berupa Request Time Out.

Jika hal ini memang sering Anda alami, maka Anda bisa melakukan salah satu dari cara berikut ini. Diantaranya:

1.Unistall CSF (Config Server Firewall)

Selain karena jaringan internet yang tidak stabil, VPS sering RTO ini biasanya terjadi karena adanya beberapa masalah pada VPS. Salah satunya yaitu dimana ada firewall yang terpasang pada VPS, lebih dari satu.

Jika memang demikian adanya, Anda bisa melakukan uninstall CSF (Config Server Firewall) terlebih dahulu, sebelum menggunakan VPS ini. Karena sebagaimana diketahui, VPS, khususnya VPS dengan tipe VPS-X, pada umumnya telah memiliki CSF bawaan sendiri.

Namun jika ternyata ada banyak firewall yang terpasang pasa VPS ini, maka Anda bisa mencopot pemasangannya (uninstall) terlebih dahulu. Barulah kemudian Anda bisa menginstalnya kembali, jika VPS bisa digunakan kembali, tanpa adanya gangguan RTO.

2. Melakukan Pengeditan Pada Limit ICMP Rate yang ada di CSF

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi VPS yang sering mengalami RTO yaitu dengan melakukan pengeditan pada limit ICMP Rate yang ada pada Config Server Firewall (CSF). Cara ini bisa Anda lakukan bilamana ditemukan bahwa penyebab dari VPS yang sering RTO ini dikarenakan Internet Control Message Protocol (ICMP) terdeteksi maksimal 1 ICMP dalam setiap 1 detik.

Sementaranya defaultnya terdeteksi 1 ICMP/detik. Dimana ICMP ini dibuat dengan tujuan untuk mengatasi berbagai masalah pada CSF. Jika VPS mengalami RTO dikarenakan masalah limit ICMP ini, maka Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini. Diantaranya:

·         Lakukan pengeditan pada file/etc/csf/csf.config

·         Jika langkah tersebut telah Anda lakukan, maka Anda bisa melakukan langkah selanjutnya yaitu dengan mencari file rule ICMP In Rate

·         Jika file tersebut telah Anda temukan, maka selanjutnya, Anda bisa mengganti tampilan 1 ICMP, dengan mengubahnya menjadi 0 ICMP

3. Restart VPS dengan Menggunakan Virtual Power Button

Jika ternyata penyebab dari VPS sering RTO ini bukan dikarenakan firewall yang terpasang lebih dari satu, maupun karena limit rate ICMP. Maka mungkin saja penyebabnya dikarenakan virtual memory telah habis masa pakai (low), maupun dikarenakan memang telah terjadi masalah pada Sistem Operasi (SO).

Jika memang penyebabnya dikarenakan oleh salah satu dari kedua masalah diatas, maka Anda bisa mengatasinya dengan melakukan restart VPS. Namun kali ini, Anda bisa melakukan restart VPS dengan menggunakan virtual power button.

 

Itu dia beberapa penyebab dari VPS sering RTO serta 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Dengan menyimak penjelasan diatas, kiranya kini Anda telah mengetahui bahwa VPS yang sering mengalami RTO ini bisa disebabkan oleh beberapa masalah. Setelah Anda mengetahui penyebabnya, maka Anda bisa memilih salah satu dari 3 cara yang telah disebutkan diatas. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk " Penyebab VPS Sering RTO Serta Cara Mengatasinya"