Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah Perbedaan Hosting dengan VPS

 


Ketika Anda ingin membuat sebuah website untuk keperluan bisnis, poin yang perlu dipersiapkan adalah layanan hosting yang akan digunakan. Karena untuk kepentingan bisnis yang bisa saja mendatangkan profit besar, tentu Anda akan memilih layanan hosting yang terbaik. Dan yang paling banyak digunakan adalah VPS atau share hosting. Adakah perbedaan hosting dengan VPS?

Banyak pertanyaan yang akan muncul terkait hosting dan VPS. Manakah yang paling baik dan unggul di antara keduanya? Layanan mana yang mengakomodasi kebutuhan website Anda? Sebelum salah menggunakannya, ada baiknya menyimak ulasan berikut ini terlebih dahulu.

Apa Itu Hosting?

Dikenal juga dengan shared hosting, sesuai dengan namanya yaitu berbagi hosting. Hal ini berarti para pengguna hosting dapat menggunakannya secara bersama-sama. Karena digunakan bersama-sama, maka para user perlu membagi kapasitas server.

Layanan hosting ini cukup banyak diminati terutama kalangan pebisnis yang baru saja merintis bisnisnya karena hosting terbilang cukup optimal untuk digunakan pada website sederhana.

Bagi seorang pebisnis pemula, penggunaan shared hosting akan lebih menghemat biaya karena harganya cukup murah dan terjangkau.

Apabila Anda kurang memahami bahasa pemrograman, tidak perlu khawatir ketika terjadi kegagalan server karena semua layanan server akan dikelola oleh penyedia. Sebagai user atau pemilik server, Anda hanya perlu fokus pada pengembangan website saja.

Apa Itu VPS?

VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server, pembuatannya dikhususkan untuk kepentingan bisnis dalam suatu lembaga. Dengan menggunakan VPS, memungkinkan pada 1 server fisik bisa terbagi menjadi beberapa bentuk virtual dari satu user.

Sehingga dalam satu akun tidak tergabung dengan user lainnya, hal ini memungkinkan user dapat menggunakan space secara bebas dan sesuai kebutuhan.

Dilihat dari sistem operasi, panel hosting, dan aplikasi yang akan diinstal semuanya dapat digunakan tanpa adanya kustomisasi atau batasan dari pihak provider.

Walaupun cara kerjanya optimal, namun Anda tetap harus memahami cara kerja server agar hasil yang diinginkan tercapai dengan baik dan maksimal.

Perbedaan Hosting dengan VPS

Dari kedua layanan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Semua pilihan ada pada Anda. Sesuaikan dengan kebutuhan website agar tidak terlalu banyak pengeluaran terlebih jika bisnis yang dijalani masih perlu dirintis.

Jika dalam urusan bisnis memerlukan space yang cukup besar, Anda dapat memilih VPS. Selain itu, dengan adanya kendali penuh tanpa batasan seperti hosting, Anda dapat dengan leluasa untuk melakukan apapun terhadap server. Karena tak ada batasan, Anda juga dapat menginstall dan uninstall software yang ada pada server Anda.

Dari segi keamanan, keduanya memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi. Namun, apabila performa salah satu website mengalami error, maka hal tersebut juga dapat berdampak pada website lainnya.

Dalam merintis sebuah website dengan kapasitas kecil, tentunya VPS akan terbilang cukup berlebihan. Namun, upgrade shared hosting terbilang cukup rumit dibanding VPS.

Pilihlah hosting sesuai dengan perencanaan pengembangan website. Harga semakin tinggi juga akan diimbangi dengan kelengkapan fasilitas dan fitur yang ditawarkan. Namun, hosting dengan harga yang murah juga bukan berarti tidak  bisa menjadi pilihan. Karena semua opsi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Demikian perbedaan hosting dengan VPS yang dapat Anda pertimbangkan sebelum menggunakan layanannya. Selain kedua layanan tersebut, terdapat juga layanan hosting lain seperti cloud hosting dan dedicated hosting. Dedicated hosting harganya paling tinggi dibanding layanan hosting lainnya.

Posting Komentar untuk "Inilah Perbedaan Hosting dengan VPS"